Tidak Perlu Ribet, Yuk Buka Puasa dengan Menu Praktis Ini.

Ngomong-ngomong soal menu untuk berbuka puasa, pasti kita selalu terasa ingin makan banyak-banyak ketika waktu berbuka tiba. Rasanya kita ingin makan ini dan itu, ingin minum ini dan itu. Padahal, belum tentu akan habis makanannya. Jika semua keinginan itu dituruti yang ada malah mubazir. Bagi yang biasanya beli takjil atau lauk untuk berbuka dan sahur mungkin tinggal tunjuk aja mau menu buka puasa apa, tidak perlu ribet masak segala. Namun, bagi yang memang masak di rumah, tentu perlu dipikirkan menu-menu apa saja yang bisa dihidangkan selama ramadan dan tentunya menggugah selera.

Biasanya nih kalau di daerahku, puasa pertama menunya cukup berat, rendang. Sampai dibuat PO rendang segala pula, hihihi. Aku pernah iseng tanya ke Mama, kenapa ya orang-orang pada masak rendang sehari sebelum puasa? Kata Mama sih karena rendang itu makanannya padat banget dan menggugah selera buat sahur, jadi orang bisa lahap makan agar "kenyang maksimal" untuk berpuasa. Selain itu juga rendang bisa tahan beberapa hari, tinggal dipanasin aja sebelum sahur atau berbuka. Di satu sisi, agak praktis memang, kita tinggal panaskan rendangnya, nggak perlu masak dari awal lagi, tapi ya nggak sehat juga kalau makan rendang setiap hari. 

Supaya tidak ribet dan terlalu menghabiskan banyak waktu, apalagi saat puasa tubuh kita pasti lemas kalau terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, kita bisa siapkan menu buka puasa praktis ini loh...!


  1. Mie Goreng/Rebus. Hahaha ini menu terpraktis yang selalu menggugah selera sepertinya ya, apalagi mie dengan merk tertentu. Uughh nikmat banget kalau lagi lapar makan mie. Eh tapi jangan sering-sering loh ya, hihihi. 
  2. Nasi Goreng. Nasi Goreng juga bisa jadi menu buka puasa praktis loh. Pakai bahan-bahan yang ada di rumah, nasi, kasih kecap, garam, sedikit sambal, jadi deh. 
  3. Aneka olahan telur. Olahan telur yang tidak ribet tentu telur ceplok, rebus, orak-arik, atau dadar. Tidak memakan waktu lama, menu olahan telur ini juga sehat dan praktis, kan? 
  4. Sop bakso. Mungkin menu ini relatif ya, tapi menurutku sop bakso termasuk yang praktis. Tinggal siapkan wortel, kentang, kol, irisan bakso, bumbu halus, daun seledri dan daun bawang, tinggal rebus deh.
  5. Sarden kaleng. Sarden juga menu praktis nih, tidak perlu banyak bahan dan waktu yang lama memasaknya. Tinggal tambah irisan bawang merah, cabai, dan irisan kentang, jadi deh lauk sarden yang sedaap. 
  6. Es teh manis. Puasa itu identik dengan haus dan dahaga. Hal pertama yang dinikmati saat berbuka tentu minuman. Es teh manis jadi menu minuman favorit sepanjang masa nih aku rasa. Selain nggak ribet, rasanya setelah minum es teh manis ini dahaga langsung hilang seketika. 
  7. Jus buah. Nah, ini versi yang lebih sehat nih dari es teh manis 😆 Tinggal potong buah-buah yang ada, lalu diblender hingga halus. Selain melepas dahaga, minum jus juga bisa bikin kenyang. Jadi bisa terkontrol porsi makannya nanti. 
Nah, itu beberapa menu yang "Super praktis" ala aku untuk berbuka puasa. Kalau kalian, menu praktisnya apa aja nih guys? 


#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022
#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day4 

Comments

Popular Posts