Salah Satu yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa: Olahraga

Sejak pandemi di 2020 aku mencoba untuk merutinkan olahraga. Dua puluh enam tahun aku hidup di dunia, olahraga menjadi aktivitas yang tidak pernah kusentuh, bahkan saat masih duduk di bangku sekolah di mana ada pelajaran olahraganya. Kenapa mau rutin olahraga? Simpel, karena berat badan sudah overweight dan aku suka makan, wkwkwk. 

Pandemi cukup membuatku konsisten berolahraga, masih teringat jelas bagaimana susahnya aku untuk menggerakkan tubuh supaya rutin olahraga, menambah speed serta durasinya. Namun, usaha memang tidak mengkhianati hasil, setahun lebih bersusah payah untuk membiasakan diri, akhirnya aku bisa menikmati hasil dari olahragaku satu tahun kemudian, alias 2021, hahahaha!. From 78kg to 69kg in a year, not bad lah ya? Nggak diet soalnya, cuma defisit kalori doang. 

Namun ternyata, setelah menemukan nikmatnya olahraga, turun berat badan bukanlah hasil yang ingin dicapai lagi, melainkan kebugaran fisiklah yang utama. Bagi yang rutin olahraga mungkin akan relate dengan pernyataan itu. Olahraga sudah jadi kebutuhan, seminggu aja nggak olahraga badan rasanya sakit, apalagi seminggu off lalu minggu depannya mulai lagi, pegalnya bukan main itu karena metabolisme tubuh harus beradaptasi lagi. 


Nah, aku biasanya olahraga 30-35 menit/hari, seminggu 3-4x, masih adaptasi, belum sanggup kalau harus 150 menit/minggu olahraganya. Tetapi, selama bulan puasa aku off total, even aku sedang haid pun aku nggak olahraga. Nggak tau kenapa, nggak ketemu aja moodnya. Dua kali ramadan (2020-2021) aku nggak olahraga sama sekali. Tahun ini, aku udah bertekad kalau mau nyoba olahraga selama puasa, sesanggupnya aja. 

Jadi, kalau ditanya hal apa yang ingin dilakukan saat bulan puasa, jawabannya ya olahraga. Aku penasaran gimana mengatur polanya, penasaran juga gimana ngatur waktunya. Menurut beberapa artikel yang aku baca, olahraga tetap bisa dilakukan walau sedang puasa, asalkan durasi dan speednya tepat. Nah, aku belum nemu nih gimana durasi dan speed yang tepatnya, secara olahragaku itu kardio sama weightlifting (ini kalau mood😂) yang mana pasti keringatan banget. 

Aku baru puasa tanggal 8 kemarin dan sampai sekarang belum merealisasikan keinginanku ini. Semoga bisa segera terlaksana deh olahraganya, biar badan fit dan siap untuk makan lezat lebaran nanti 😆

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day10

Comments

  1. Nggak nyoba sepeda santai atau yoga kak? Itu lumayan ringan sih menurut saya kalau dilakukan menjelang berbuka. Yoga singkat juga bisa dilakukan sebelum tidur. Tapi kalau kardio yang berat bgt (kayak sepedanya dipacu gitu).. hm mayang ngos2an juga kalau dibikin kayak hari tidak puasa hehe. Semangkaa!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts