Monetasi Blog Atau Santuy Blog, Lebih Penting yang Mana?

Bagi kita yang berkutat di dunia blogging tentu tidak asing lagi dengan kata "monetize" atau "monetasi blog". Aku lebih suka nyebutnya "dapat duit dari blog" sih wkwkwkwk. Menarik bangetkan, ngerjain sesuatu yang jadi hobi kita yaitu menulis, dapat duit pula. Apalagi kalau ngeblognya diseriusin, bisa jadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Eits, tapi nggak semua blogger memonetize blognya loh, aku pun belum monetize blog secara utuh meskipun pernah melakukan kerja sama dengan sebuah brand. Masih memahami bagaimana prosesnya. Mungkin aku termasuk blogger dengan kategori "santuy blog" kali ya? Atau sudah masuk ke kategori monetasi blog? I still do not know, hehehe.


Ah, dari pada bingung, aku mau coba ulas apa itu monetasi blog dan santuy blog. Sepenting itukah dua hal ini? Hmm...

Dikutip dari berbagai sumber, monetize blog ialah kegiatan mendulang uang dari blog melalui pemasaran blog sehingga akan didapat keuntungan baik dari segi materi (mendapatkan uang) maupun exposure (peningkatan pengunjung blog). Tidak hanya pada domain berbayar, monetize blog pun bisa dilakukan pada domain gratis seperti blogspot, asalkan blog gratis kita memenuhi kriteria untuk monetasi. 

Cara untuk memonetasi blog ini pun beragam, tiga di antaranya:

  1. Program Afiliasi, blogger melakukan kerjasama dengan perusahaan produk untuk mempromosikan produk mereka dan mendapatkan komisi di setiap transaksi. Di program afiliasi ini kita bisa memasukkan link yang akan mengarahkan pembaca ke website perusahaan produk ketika diklik. 
  2. Memasang iklan atau AdSense. Cara ini banyak banget aku temui di website para blogger, bahkan kadang ada blog yang ketika baru diklik situsnya pun langsung muncul banyak iklan memenuhi halamannya. Jujur, aku kalau menemukan blog dengan tata letak iklan yang sembarangan begitu aku jadi nggak mood buat baca isi blognya, langsung aku close hehehe. So, kalau mau pasang iklan, perhatikan tata letak iklannya ya! Jangan sampai menghalangi pembaca untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dari blogmu karena terlalu malas lihat banyak iklan yang menumpuk. 
  3. UlasanProduk. Nah, monetasi seperti ini aku pernah melakukannya. Aku kerja sama dengan salah satu perusahaan besar untuk mengulas produk mereka di blogku. Aku dikirim produk-produk mereka untuk aku ulas, ada briefingnya juga. Jika dapat kerja sama seperti ini, jangan lupa baca briefing dengan teliti ya! Biasanya ada tenggat waktu nih kapan ulasan tersebut harus terunggah di blog, kalau tidak memenuhi briefing, ada konsekuensinya yaitu kita harus mengembalikan produk serta fee yang sudah diberikan. 
Santuy blog beda lagi, menurutku santuy blog adalah kegiatan ngeblog untuk sekadar menyalurkan hobi, mengasah skill menulis, atau sekadar menghabiskan waktu luang saja. Tidak ada target yang ingin dicapai, tidak ada niche blog yang ditentukan. Kalau lagi mood ngeblog ya ngeblog, kalau lagi ngak mood ya terlantar blognya. Blogpost yang ditulis bisa saja random sesuai dengan hati serta pikiran saat itu juga #tsaahh😋 atau malah tulisannya hanya untuk mengekspresikan emosi yang sedang dirasakan agar jadi lega. Sederhananya mah, ngeblog buat healing gitu hahaha. 

Jadi, kalau ditanya seberapa penting monetasi blog dan santuy blog ini ya tergantung dengan tujuan awal, kita ngeblog untuk apa? Kalau ingin mendapatkan penghasilan tambahan, monetasi blog tentu menjadi pilihan yang tepat. Namun, kalau ngeblog hanya untuk "sekadarnya" ya nggak perlu monetasi. Tentukan sendiri pilihannya, mau yang mana? Kalau aku karena tujuan ngeblogku sudah berkembang menjadi side huslte, aku perlu monetasi blog nih. Langsung eksekusi di blog ini atau tunggu pakai domain berbayar dulu? We'll see 😏


Referensi:

https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/resources/how-to-make-money-from-blogging/

https://www.dewaweb.com/blog/tips-monetisasi-blog/


#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day15 

Comments

Post a Comment

Popular Posts