Bulan Puasa Jangan "Biasa Saja", Lakukan 5 Kegiatan Ini Yuk!

Energi untuk beraktifitas selama bulan puasa memang nggak sedasyat bulan-bulan biasanya, tetapi bukan berarti bulan puasa dilalui hanya gitu-gitu aja. Banyak kegiatan baik dan bermanfaat yang dapat dilakukan, selain rutinitas harian tentu saja. Tiap-tiap kita tentu punya kegiatan bermanfaat yang bisa dijadikan rutinitas baru selama bulan puasa. Kali ini aku ingin berbagi sedikit tentang 5 kegiatan yang bisa dilakukan selama bulan puasa. Apa saja nih? Yuk kepoin😏 



  1. Memperbanyak ibadah. Bulan puasa adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam, khususnya bagi mereka yang mengincar ibadah lebih agar dapat pahala yang lebih pula. Sayang sekali rasanya jika bulan puasa tidak diisi dengan memperbanyak ibadah baik yang wajib maupun sunnah. Selain ibadah, menjaga tutur kata baik lisan maupun tulisan, serta pandangan mata dari hal-hal buruk (adegan dari series netflix misalnya) juga harus dilakukan. Tuhan kasih aku 12 bulan, 11 bulan digunakan dengan "normal", masa menyempatkan satu bulan untuk hal baik saja aku tidak mau (waw, menampar diri sendiri nih 😢).
  2. Ikut #30DayRamadanBlogChallenge. Sejak tahun lalu aku ikut kegiatan 30 hari ngeblog di komunitas blogger perempuan network (BPN). Selain mengasah kemampuan menulis di blog, kegiatan ini juga melatihku untuk konsisten menulis setiap hari. Ya, walaupun bisa dirapel sih nulisnya, tapi kalau challengenya diselesaikan tepat waktu (satu hari satu tulisan) tentu lebih menyenangkan, bukan?
  3. Membaca buku. Yes, membaca buku memang bisa dilakukan kapan saja, tidak hanya saat bulan puasa, tetapi membaca ketika di bulan puasa tentu membawa manfaat lebih untukku. Aku jadi bisa memfokuskan diri melalui bacaan yang aku baca, tidak melulu bermain media sosial dan melihat hal yang tidak penting dilihat. Eits, bacaannya harus yang bermanfaat tapi ya, jangan baca hal-hal dengan khayalan tinggi yang dapat merusak ibadah puasa kita. 
  4. Menyiapkan santapan berbuka ditemani musik kesukaan. Aku termasuk penikmat lagu, meskipun bukan fanatik. Menyiakan santapan untuk berbuka sambil mendengarkan musik adalah pilihanku agar terhindar dari rasa kantuk di jam-jam krusial, hihihi.
  5. Bercengkerama dengan orang tua. Kemarin, aku mendengar sebuah podcast yang diisi oleh salah satu komika Indonesia, Raim La Ode. Beliau bilang begini, "...semewah-mewahnya makanan buka puasa, tidak ada yang lebih mewah dari berbuka dengan keluarga". Jika ada tombol like, sudah ribuan kali aku likes podcast tersebut. Aku terbiasa merantau dan baru selama pandemi ini aku bisa menghabiskan waktu full bulan puasa bersama keluarga. Sungguh mahal sekali rasanya, apalagi aku semakin dewasa dan orang tua juga semakin menua. Aku berpikir untuk memanfaatkan waktu yang aku punya seoptimal mungkin, karena nanti ketika aku sudah hidup berpisah lagi dengan orang tuaku, momen ramadan seperti ini pasti sangat aku rindukan, atau malah tidak akan sama lagi rasanya 😣.
Sederhana ya 5 kegiatan bulan puasa ala aku. Tak apa, walaupun sederhana tetapi cukup untuk menghabiskan waktu selama beribadah di bulan suci ini. Semua aku, kalian, dan kita semua selalu melakukan hal-hal baik dan bermanfaat selama bulan puasa, dan bulan-bulan lainnya. Aamiin.

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022
#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day9



Comments

Popular Posts