PAKAI THR DENGAN BIJAK, YUK!

Lebaran identik dengan...... jeng.. jeng..... THR, alias Tunjangan Hari Raya. Waw, siapa pun pasti menunggu-nunggu THR, ya kan? Tua dan muda, yang tua dapat THR dari kantor tempat mereka bekerja, dan yang muda dapat THR dari para keluarga. Saat dapat THR, diri ini auto jadi kaya raya. Ingin beli ini dan itu, apalagi kalau THR yang didapat nominalnya aduhai, langsung deh bikin daftar belanjaan dari A sampai Z. 

Namun, alangkah lebih baik kalau uang THR yang kita dapat digunakan dengan bijak. Jangan dihabiskan dalam sekejap, menghabiskannya demi keinginan-keinginan yang sebenarnya nggak perlu. Duh, mubazir!. Lalu, gimana caranya supaya THR bisa digunakan dengan bijak? Berikut beberapa tipsnya: 



1. Zakat dan Sedekah 
Ketika mendapatkan rezeki berupa uang, harus segera disisihkan untuk sedekah dan zakat agar uang tersebut menjadi berkah. 

2. Buat alokasi THR 
Saat dapat THR, sebelumnya tentu kita sudah merencanakan akan menggunakan THR itu untuk apa saja, yang jelas untuk keperluan mudik pastinya. Agar uang THR bisa digunakan dengan semestinya dan dapat terkontrol, kita perlu membuat alokasi-alokasi uang THR ini berdasarkan prioritas dan keperluan, bukan keinginan. Tujuannya agar apa yang dikeluarkan benar-benar dimanfaatkan dengan baik. 

3. Tabung Sebagian THR 
Kadang, kita lupa untuk menyisihkan uang THR agar dapat masuk ke tabungan. Untuk itu jangan lupa mengalokasikan juga THR ini untuk tabungan kita. Kita nggak tau nanti ke depan akan ada hal apa, siapa tau kita butuh dana darurat. 

Selain tiga hal di atas, apalagi nih tips menggunakan THR? Sharing di kolom komentar doongg..

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day28

Comments

Popular Posts