Ngapain Ngeblog?

Melakukan sesuatu pasti memiliki tujuan, begitu pula dengan ngeblog. Tujuan setiap orang pasti berbeda-beda ya, ada yang ngeblog untuk menyalurkan hobi, ada yang ngeblog untuk mendapatkan tambahan penghasilan, ada pula yang menjadikan blog sebagai ladang cuan utama. Tujuan ini pula yang bisa membantu para blogger untuk menentukan topik tulisannya. Jika ingin menghasilkan cuan ya buatlah artikel yang cuanable, ramah SEO sehingga bisa dilirik banyak orang. Jika hanya ingin menyalurkan hobi, tentu artikel yang dibuat lebih ke arah suka-suka gue, random sesuai pikiran saat itu. Lalu, buatku sendiri, ngapain ngeblog?


Tujuan ngeblogku itu berkembang seiring berjalannya waktu, hehehe. Awal blog ini aku buat tujuanku agar aku bisa menyalurkan hobi menulis dan merutinkan diri untuk menulis. Namun, semakin lama aku menemukan enaknya ngeblog, terlebih aku pernah mendapatkan cuan dari tulisanku di blog. Jadi, tujuan ngeblogku mencakup hal-hal yang aku tulis di atas: menyalurkan hobi menulis dan menjadikan blog sebagai side hustle untuk mendapatkan cuan. 

Dalam mewujudkan tujuan ini pastinya ada proses yang harus dilalui ya. Untuk itu aku ikut beberapa komunitas blogger yang memiliki kegiatan-kegiatan rutin untuk meningkatkan kualitas tulisan, belajar dari para anggota komunitas lain yang sudah memiliki jam terbang tinggi serta segala macam perintilannya. Aku belajar bahwa dengan memiliki tujuan ngeblog, aku bisa membuat target serta kualitas tulisanku akan seperti apa. Tidak hanya itu, aku juga merutinkan diri mengikuti lomba-lomba blog. Selain mengincar hadiahnya (hehehe), mengikuti lomba blog juga dapat memperluas jaringan pembaca blogku. 

So, kalau mau ngeblog jangan lupa tentukan tujuannya ya, agar apa yang ditulis bisa mencapai tujuan tersebut­čśÄ.


#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022
#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day14


Comments

Popular Posts