Pelengkap Santapan Ramadhan Yang Kaya Manfaat: Buah Kurma

Siapa yang tidak tahu dengan buah kurma? Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini banyak sekali jenisnya. Selain ukuran, warna, serta tekstur yang berbeda-beda, buah kurma juga memiliki level rasa manis yang berbeda pula. Cara mengkonsumsinya juga beragam, diolah menjadi makanan lain, direndam agar menjadi air nabeez seperti kesukaan Rasulullah SAW, atau langsung dicemil layaknya buah biasanya. Namun, ternyata buah kurma tidak hanya sebagai pelengkap santapan selama Ramadhan, loh. Buah kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi selama beribadah puasa di bulan Ramadhan.


Based on true story nih, sebelumnya aku kurang suka buah kurma. Kurang suka sama teksturnya ketika digigit, lalu gigitan itu mulai masuk ke tenggorokan, dan kurang suka sama rasa manisnya karena menurutku "terlalu manis". Namun, karena orang tuaku selalu stok buah kurma untuk diolah menjadi air nabeez, mau nggak mau sesekali aku tetap cobain buah kurma agar ketemu enaknya di mana. Sampai akhirnya aku nemuin enaknya buah kurma jenis Sukkari. Tekstur dan rasanya menurutku pas aja gitu, nggak too much. Setelah suka kurma jenis ini, aku jadi mulai terbiasa dengan kurma jenis lainnya, ya walaupun tetap kalau ada dua pilihan kurma, yang aku pilih ya Sukkari, hehehe. 

Suatu malam, aku kelaparan. Benar-benar lapar abis meeting bareng komunitas, dan sudah jam 22.00. Makanan di meja makan sudah habis, cemilan juga nggak stok, akhirnya aku ngemil satu kurma. Kalian tau apa yang aku rasain? Antara magic atau magic (lah?), rasa laparku terganjal, padahal cuma makan satu kurma. Gimana kalau makan tiga kurma ya, kenyang mungkin aku hihihi. 

Nah, Ramadhan kali ini aku sudah niat untuk rutin makan buah kurma, satu sampai tiga butir sesuai yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, setiap sahur dan berbuka. Manfaat yang aku rasakan sungguh luar biasa. Mungkin bagi yang kurang suka buah kurma agak "nggak masuk akal" ya, tapi manfaat ini benar-benar aku rasakan. Apa saja manfaatnya? Aku rangkum dari berbagai sumber yaa...
  1. Melancarkan pencernaan. Awal-awal puasa tubuh mulai adaptasi lagi pola makan yang berubah, buatku ini cukup menjadi masalah karena aku sering mengalami masalah pencernaan, BAB jadi nggak lancar. Buah kurma adalah buah yang memiliki serat tinggi, jadi dapat membantu usus besar bergerak lebih teratur dalam pembentukan feses agar pencernaan menjadi lancar. 
  2. Sumber energi. Sahur sebelum subuh dan berbuka saat memasuki waktu magribh, tentu tubuh kita kehilangan banyak energi, apalagi kalau selama puasa aktivitasnya banyak. Untuk mengembalikan energi yang hilang, kurma bisa dijadikan pilihan buah yang cocok nih. Kenapa? Karena kurma mengandung karbohidrat dan kalori yang dapat meningkatkan energi.
  3. Mengurangi rasa haus. Selain mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup, kurma juga tinggi mineral yang dapat membantu kita agar tidak cepat merasa haus saat berpuasa. Cukup konsumsi tiga buah kurma saat sahur dan rasakan manfaatnya.
Nah, itu tiga manfaat mengkonsumsi kurma yang sudah aku rasakan selama puasa. Kalau kalian gimana? Manfaat apa yang sudah dirasakan? Sharing, yuk!😎


Referensi:
https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/624ba6b612749/sederet-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-cocok-untuk-menu-buka-puasa 

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4532400/6-manfaat-baik-buah-kurma-jadi-kudapan-awal-berbuka-puasa-ramadhan


#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day7 

Comments

  1. Kurma Sukkari aku suka benget. Selain mudah didapat, tekstur dan rasanya ramah di lidah dari pada jenis yang lain, menurutku.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts