Top 5 Ide Tempat Liburan Favorit di Indonesia #BPN30DayRamadanBlogChallenge2021

Tinggal di salah satu kabupaten kecil di Jambi  tentu saja pilihan tempat untuk liburan sangat terbatas. Malahan kalau aku mau pergi ke mall pun harus ada persiapan dulu, pergi ke Jambi dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Jadi, ketika ada rezeki dan kesempatan untuk liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, aku sangat mempersiapkannya dengan matang dan sebisa mungkin mengunjungi banyak tempat. Saat aku kuliah di Bandung 3 tahun lalu pun benar-benar jadi kesempatan emas buatku untuk eksplor tempat-tempat wisata yang hitz saat itu, mulai dari seputaran kota Bandung hingga ke daerah Lembang. 

Nah, kali ini aku mau coba kasih ide tempat-tempat liburan yang pernah aku kunjungi di Indonesia untuk refreshing menghilangkan kejenuhan karena aktifitas sehari-hari. 

1. Wisata Alam 

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali ragam tempat wisata. Beda provinsi beda pula tempat wisatanya. Wisata alam tentu menjadi destinasi pertama yang masuk dalam daftar tempat ketika kita liburan. Wisata alam ini bisa berupa candi, kebun bunga, kebun buah, hutan lindung, hutan pinus, air terjun, dan pantai. Selain bisa dijadikan spot foto, wisata alam juga dapat membantu kita untuk menjernihkan pikiran dan membantu menghilangkan stress.

2. Taman Bermain 

Bagi sebagian orang, taman bermain seperti Dufan, Jungle Land, atau Jatim Park adalah tempat wisata untuk anak-anak. Namun, buatku tidak demikian. Justru taman bermain seperti ini juga bisa dinikmati orang dewasa. Malah semua permainan bisa kita mainkan. Tempatnya sangat luas, jadi harus disediakan waktu seharian agar dapat menikmati seluruh permainannya. Untuk taman bermain seperti ini,aku sangat menyarankan untuk menghabiskan waktu di sana satu hari penuh. Misalnya waktu operasional tempat tersebut jam 10:00 sampai 20:00, habiskanlah waktu selama itu. Tentu saja taman bermain seperti ini sudah tersedia tempat makan, toilet, dan mushola yang layak. Percayalah, akan ada banyak tawa dan keceriaan saat kita bermain di sini. Aku bisa teriak sekencang-kencangnya saat naik roller coaster, melepaskan seluruh emosi negatif dengan berteriak itu nikmatnya bukan main. Setelah turun dari roller coaster, leganya luar biasa. 

3. Museum 

Sekarang sudah banyak sekali museum yang dibuka untuk umum, aku rasa setiap provinsi punya museum. Selain untuk refreshing, mengunjungi museum juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah yang pernah terjadi di negara kita. Salah satu museum yang membuatku berkesan adalah museum yang ada di dalam tugu Monas. Jika mampir ke Tugu Monas jangan cuma foto di depan Tugunya aja, tapi coba masuk juga ke dalamnya. Kita bisa naik ke puncak Tugu Monas menggunakan lift di dalamnya. Di puncak Tugu Monas tersebut kita bisa melihat kota Jakarta yang sangat luas baik dengan mata telanjang maupun dengan teropong yang disediakan di sana. Setelah menikmati keindahan Jakarta dari puncak Tugu Monas, selanjutnya kita mengunjungi bagian dasar dari Tugu Monas. Di dalamnya terdapat museum sejarah negara Republik Indonesia dalam bentuk diorama (jendela peragaan). 

4. Wisata Religi 

Tempat liburan yang bisa dijadikan opsi untuk dikunjungi selanjutnya adalah wisata religi, atau wisata mengunjungi tempat-tempat ibadah. seperti Masjid, Gereja, Vihara, Candi, dan Pura. Sejauh ini wisata religi yang pernah aku kunjungi adalah Masjid, Candi dan Pura. Keindahan-keindahan yang disuguhkan sangat luar biasa indahnya. Khusus untuk Masjid karena aku muslim, Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Kubah Emas di Depok, Masjid Agung Palembang, dan Masjid H. Bayumi Wahab di Inderalaya Palembang sudah pernah kukunjungi. Setiap masjid punya keunikannya masing-masing. Di Masjid H. Bayumi Wahab misalnya, ada banyak pohon kurma di area masjidnya. Next time aku mau wisata religi ke Masjid Raya Bandung ah, menyesal aku belum pernah ke sana adahal 2,5 tahun tinggal di Bandung huhuhu. 

5. Wisata Kuliner

Apalah artinya liburan tanpa menikmati kuliner di daerah tersebut. Bener kan ? Aku rasa wisata kuliner ini sudah sepaket dengan tempat wisata yang akan dikunjungi. Sejauh ini provinsi yang sudah kukunjungi dan punya aneka ragam kuliner khas yang banyak adalah kampung halamanku, Palembang. Mulai dari makanan ringan, minuman, sampai makanan berat ada di sana. Makanya, bagi yang menjaga berat badan, harus siap-siap mental sebelum menikmati ragam kulinernya ya. Jangan nanti menyesal karena terjadi kenaikan berat badan 😜


Demikian top 5  ide tempat liburan favorit di Indonesia ala aku. Kalau ala kalian apa aja nih ? Boleh dong berbagi idenya di kolom komentar ;)

-BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge 2021-
#BPNRamadan2021
#Day8

Comments

Popular Posts