Ciptakan Bahagia dengan 7 Hal Ini #BPN30DAYRAMADANBLODCHALLENGE2021

Ibuku selalu bilang bahwa kalau mau bahagia, ya kita sendiri yang menciptakan. Toh kebahagiaan setiap orang beda-beda, tidak bisa disama ratakan. Banyak yang bilang kalau mau bahagia mah gampang, tinggal punya banyak uang, bisa dapatin apa yang kita mau. Padahal, banyak juga orang yang punya banyak uang tapi hidupnya nggak bahagia. 

Aku punya cara sendiri untuk bahagia. Bahagiaku pun bisa datang dari berbagai aspek, ntah bahagia karena orang lain, bahagia karena memiliki suatu benda, atau bahagia karena diri sendiri. Kali ini aku akan berbagi tentang caraku mendapatkan kebahagiaan dari diri sendiri. 7 diantaranya ialah :

1. Selalu Sehat 

Alhamdulillah aku termasuk individu yang jarang sakit. Sakitku paling hanya sakit haid di hari 1 dan 2, atau masuk angin karena kepanasan pakai kipas angin dan telat makan. Aku punya beberapa teman yang gampang sekali sakit, berujung dengan tubuhnya yang kurus. Melihat itu lalu melihat diriku yang tidak seperti itu, cukup membuatku bahagia. 

2. Merasa Cukup Akan Segala Hal 

Manusia sudah sifatnya ingin sesuatu hal yang berlebih. Jika sudah cukup akan sesuatu, lantas ingin punya yang lebih lagi alias selalu merasa kurang. Hal ini bisa bikin aku uring-uringan jika ada sesuatu yang kurang. Namun, dengan aku mencoba untuk merasa cukup akan sesuatu, sungguh melegakan rasanya. 

3. Mampu Mengendalikan Diri 

Mengendalikan diri ketika tengah berada dalam emosi negatif bukanlah hal mudah. Seiring proses perkembangan, pengendalian diri harusnya semakin baik. Aku mulai merasa mampu untuk mengendalikan diri sendiri saat mengalami emosi negatif ya baru-baru ini. Dengan mengendalikan diri, semua hal yang dilalui akan lebih menyenangkan. 

4. Berhasil Melawan Ketakutan Diri

Tidak hanya aku saja rasanya, kemampuan untuk melawan ketakutan diri sendiri tentu menjadi hal yang diinginkan setiap orang. Siapa sih yang nggak bahagia saat ketakutannya berhasil dilawan ? 

5. Tidak Baca Komentar Di Postingan Yang Lagi Viral 

Di era media yang sungguh mudah memberitakan berbagai hal, sesuatu yang seharusnya tidak perlu viral, bisa diviralkan oleh oknum-oknum tertentu. Banyak oknum yang memanfaatkan minimnya literasi masyarakat kita dengan mengiring opini atau melesetkan sebuah pemikiran hingga tidak sesuai dengan maknanya. Hasilnya ? Banyak komentar negatif menghiasi postingan yang diviralkan tersebut. Tidak tanggung-tanggung, para netizen tidak pikir panjang lagi untuk berkata kasar. 

Aku termasuk yang sering melihat postingan viral yang lewat di timeline, atau muncul di explore sosial mediaku. Setiap aku membaca komentar-komentar di postingan tersebut, akupun terbawa emosi. Kesal membacanya, kesal pada mereka yang tidak memahami maksud dari postingan tersebut (biasanya caption panjang yang ditulis oleh artis atau selebgram). Untuk itu, aku memilih untuk tidak membaca komentar setiap ada sesuatu yang viral. Efeknya ? Tentu saja mental ini aman dan damai wkwkwk

6.  Mampu Memanajemen Waktu 

Sejak kuliah lanjut 2017 lalu aku mulai belajar untuk memanajemen waktu dengan baik. Tujuannya agar kelak aku terbiasa disiplin dengan diri sendiri. Apalagi nanti ketika sudah punya kehidupan sendiri, banyak yang perlu diurus. Sayang sekali rasanya kalau waktu terbuang percuma. Ketika aku berhasil melakukan apapun sesuai dengan waktu yang ditentukan, aku bahagia. Meskipun kadang aku masih sering sembrono dengan waktu. Namun, mudah-mudahan semakin baik setiap harinya. 

7. Me Time

Aku bertekat akan selalu melakukan me time dan memasukkannya ke dalam prioritas. Aku meyakini bahwa sebelum aku melakukan apapun, sebelum aku membahagiakan orang-orang disekitarku, harus aku dulu yang bahagia. Harus aku dulu yang baik-baik saja. Caranya bagaimana ? Ya dengan me time. Me time disini aku artikan bukan hanya menyenangi diri sendiri dengan kegiatan yang aku inginkan ya, tapi lebih kepada hasil yang akan aku dapat setelah aku melakukan me time. Buatku, me time harus membuat diriku menjadi aku yang seutuhnya, dan siap untuk menjalani hari selanjutnya.


-BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge 2021-
#BPNRamadan2021
#Day13







Comments

Popular Posts