5 dari Sekian Banyak Buku Favorit Ala Aku #BPN30dayramadanblogchallenge2021

I'm in love with book, a lot of books. Paper, not kindle, not ebook. Aku diajarkan membaca sejak balita. Setiap hari sebelum tidur Ibuku membacakan cerita dari majalah anak-anak pada masa itu, seperti majalah Ina dan Bobo. Kebiasaan inilah yang membuatku suka baca dan membeli buku fisik. Meskipun teknologi semakin canggih dan dalam dunia membaca ada gadget khusus yang bernama kindle, aku tetap lebih menyukai buku fisik. Yah walau resikonya aku harus menyiapkan rak atau ruangan khusus untuk buku-bukuku itu. 

Tentu buku-buku yang aku suka tidak berasal dari semua kategori buku yang ada. Dulu waktu remaja aku selalu beli novel-novel fiksi dari teenlit. Semakin dewasa aku semakin nggak butuh lagi novel-novel seperti itu.  Aku cenderung menyukai buku dengan genre detektif, misteri, self improvement, dan psikologi. Dari sekian banyak koleksi buku yang kupunya, dan dari beragam kategorinya, ada beberapa buku yang aku favoritkan dan bisa aku baca berulang-ulang kali. Berikut 5 diantaranya : 

1. Cha Untuk Chayang 
 
Sekian banyak novel fiksi dari teenlit yang aku punya, novel Cha Untuk Chayang paling the best sih menurutku. Aku punya novel ini sejak SMP, sekitar 15 tahun yang lalu tapi ceritanya masih relate sampai sekarang. Menceritakan tentang mahasiswi baru yang merantau dari Balikpapan ke Yogyakarta, mulai dari perjuangannya mencari kosan, kerja part time, sampai konflik dengan teman-temannya. Untuk remaja yang akan melanjutkan kuliah di luar kota harus banget baca novel ini buat gambaran gimana sih kehidupan di rantau itu. 

2.  Tewasnya Gagak Hitam

Novel ini masuk kategori detektif, meskipun judulnya agak seram. Tewasnya gagak hitam adalah novel pertama dari Sidik Nugroho  yang aku punya, setelah baca aku langsung memburu novel-novel lain karya beliau. Diantara novelnya, Tewasnya Gagak Hitam jadi favoritku. Meskipun ceritanya masuk kategori detektif, tapi alur ceritanya ringan dengan bahasa yang mudah dipahami. Bacanya harus diselesaikan saat itu juga biar tidak penasaran. Eh tapi, ini masuk novel dewasa ya, kebijakan pembaca harus diperhatikan wkwkwk. 

3. Diary Chawrelia, Letters to Gallendra


Diary Chawrelia, Letters to Gallendra adalah buku non fiksi karya salah satu selebgram idolaku, (@) chawrelia. Buku ini berisi tentang pesan-pesan beliau untuk anak sulungnya, Gallendra dalam menjalani kehidupan. Apa yang diceritakan di buku ini disampaikan dengan bahasa sederhana, seperti bahasa sehari-hari, sangat apa adanya, dan seusai realita yang sering terjadi dan dialami para Mama muda pada umumnya. 

4.  Chicken Soup for The Soul

Aku tahu buku ini awalnya saat aku lihat tumpukan buku di gudang rumah oomku. Ada buku Chicken Soup For The Romantic Soul. Aku baca sinopsisnya, wah menarik juga ini buku. Namun, karena waktu itu aku masih remaja sedangkan bukunya terlihat untuk kategori dewasa jadi aku urungkan untuk beli. Pas lagi cari buku di Gramedia, aku iseng cari tentang buku Chicken Soup ini, wiih serasa melihat surga dunia aku, banyak banget judul-judulnya !. Akhirnya aku mulai ngoleksi buku Chicken Soup ini sedikit demi sedikit. Aku punya hampir separuh dari judul-judul yang diterbitkan. Favoritku buku yang di foto ini. Ini buku Chicken Soup edisi khusus karena ditampilkan dengan gambar seperti baca majalah atau komik, dan merupakan kumpulan dari 3 judul buku berbeda. Buku ini menceritakan kisah-kisah nyata yang sangat inspiratif dari berbagai kalangan individu. Tak heran kalau buku ini masuk kategori Self Improvement atau Psikologi. 

5. Komik Doraemon
Walau tema #BPN30DayRamadanBlogChallenge2021 kali ini membahas tentang top 5 buku favorit, bohong sekali kalau aku nggak menyelipkan komik doraemon di dalamnya 😆. Sejak SD aku sudah punya komik doraemon, hingga sekarang aku sudah punya hampir seluruh judul komik doraemon. Aku lebih suka cerita non petualangan sih walau aku punya beberapa judul yang seri petualangan. Saking udah lamanya aku koleksi dan baca berkali-kali, bukunya sampai banyak yang robek 😂


Jangan lupa baca buku, yaa !

-BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge 2021-
#BPNRamadan2021
#Day10



Comments

Popular Posts