Kue Muso, si Kecil Asal Jambi yang Menggugah Selera

#BPNRamadan2024 #BPNRamadanDay6

"Berbukalah dengan yang manis" 

Jargon ini sangat khas di waktu berbuka puasa. Setelah seharian menahan haus dan lapar, tubuh memiliki energi yang minimalis membuat lidah selalu ingin menyantap kudapan manis saat berbuka. Selain kurma, kue-kue basah yang legit turut menjadi jajanan khas Ramadan favorit setiap harinya.  

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki jajanan khas yang menjadi primadona Ramadan. Jika kemarin aku membahas takjil Ramadan khas Palembang di mana salah satunya ada si manis Srikayo, kali ini aku mau bahas sedikit tentang salah satu jajanan manis khas Jambi, kue Muso. 

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kue Muso adalah salah satu kue basah tradisional khas Jambi yang terbuat dari tepung ketan, cokelat bubuk, dan srikaya pandan. Dilihat sekilas, kue ini agak mirip dengan srikayo khas Palembang, sama-sama berwarna hijau muda dan sama-sama dikukus. Namun, perbedaan signifikannya adalah kue Muso berbentuk mangkuk dengan bagian pinggirnya dibalut cokelat. Teksturnya kenyal, lebih lembut bagian warna hijau dibandingkan bagian warna cokelatnya. Namun, hati-hati kalau kamu mengukus kembali kue ini setelah dimasukkan ke kulkas karena bisa sangat lengket di wadah. Rasa kuenya gimana? Sangat manis. 

Kue Muso menjadi salah satu idola yang dicari selama Ramadan oleh masyarakat Jambi. Di setiap daerah yang ada di Jambi, pasti menjual kue Muso. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung berapa banyak kue yang ada dalam satu paket. Oh iya, biasanya kue ini dijual dalam bentuk paketan ya, bukan satuan dan satu paket isi 6 hingga 10 kue Muso. 

Eits, meskipun kue ini mudah ditemui, bukan berarti kita nggak bisa bikin sendiri loh. Bahan dan cara membuatnya cukup mudah, yaitu: 

Bahan Kulit:
  • Tepung ketan 250gr
  • Tepung terigu 75gr
  • Bubuk cokelat/kakao 50gr
  • Minyak sayur 50ml
  • Gula pasir 50gr
  • Garam 1sdt
  • Vanili 1sdt
  • Air hangat secukupnya
Bahan Isi:
  • Santan 500ml
  • Gula pasir 175gr
  • Terigu 100gr
  • Air perasan daun pandan 50ml atau pasta pandan
  • Garam halus 1sdt
  • Vanili 1sdt
Cara Membuat:
  • Campurkan semua bahan kulit, lalu beri air sedikit demi sedikit hingga ulen. Pastikan tekstur adonan empuk setelah diulen, seperti adonan klepon. 
  • Untuk isian, campurkan semua bahan, uleni hingga tidak ada tekstur bergerindil. 
  • Siapkan kukusan. Selagi kukusan siap, oleh cetakan kue berbentuk mangkuk dengan minyak
  • Ambil adonan kulit secukupnya, buat cekungan mangkuk sesuai cetakan, lalu pipihkan. Lanjut dengan menuangkan isian tengahnya. 
  • Setelah seluruh adonan siap, kukus adonan selama 15 hingga 20 menit hingga matang.
  • Dinginkan kue Muso sebelum dikeluarkan dari cetakan. 

Gimana, mudahkan membuat kue Muso? 
Kue Muso cocok dinikmati dengan kopi sebenarnya karena rasanya yang sangat manis. Namun, minum kopi saat puasa Ramadan kayanya agak kurang direkomendasiin ya, takutnya malah mudah BAK, bisa-bisa cepat dehidrasi. 

Kamu udah pernah nyobain kue Muso belum?






Referensi:
Fimela.com/food/read/4673787/resep-kue-muso-khas-jambi







Comments

  1. Aduh baru tahu dengan kue muso khas dari Jambi ini. Saya save resepnya. Semoga bisa membuat meski ya sambil belajar...coba coba aja dulu hehe ..

    ReplyDelete
  2. wuah jadi penasaran sama kue muso ini

    itu cara makannya gimana?
    dimakan pinggirannya dulu atau dicongkel tengahnya?
    duh penasaran wkwk

    ReplyDelete
  3. Mungkin karena aku orang jawa, jadi ngga tau kue Muso ini, ternyata masih banyak jajanan tradional di Indonesia yang belum aku tahu, dan pengen aku coba.

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen nyicipin nih. Aku suka kue tradisional, pastinya gurih karena pakai santan sih ya. Paduan pandan dan coklat tuh engga pernah gagal deh. Huuum...ngences deh...

    ReplyDelete
  5. Kue muso meskipun tetanggaan Ama Jambi Umma baru tahu kue ini...enak banget seperti. Soalnya paling suka kue basah tradisional

    ReplyDelete
  6. Praktis bikinnya ya.
    Bahan mudah didapatkan.
    rasanya juga uenaakkk tentu saja.
    mupeng!!

    ReplyDelete
  7. Rasanya saya baru tahu kue basah bernama muso ini. Bentuknya asing dan rasanya juga tidak terbayang seperti apa. Jadi penasaran, wawasan kuliner Sumatra saya memang sangat terbatas.

    ReplyDelete
  8. Oh ini namanya kue muso ya
    Aku pernah beli ini di pasar takjil dekat rumah
    Rasanya enak
    Wah kue khas Jambi ini juga bisa sampai ke Surabaya

    ReplyDelete
  9. Belum....saya baru tahu kue muso adalah khas Jambi. Jadi ingin nyoba bikin bahan dan cara pembuatannya cukup mudah. Terimakasih resepnya

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ada kue ini, khas jambi ya menarik nih pengen coba rasanya gimana ya? Jawa jarang ada kue ginj

    ReplyDelete
  11. Wah saya baru tahu kalau ini disebut kue muso ya di Jambi. Saya pikir sama dengan kue srikaya. Enak sih kue ini untuk camilan. Manis dan aroma srikayanya pas untuk siapa pun, semua bisa makan.

    ReplyDelete
  12. Kalau Srikayo saya pernah makan, kalau kue Muso, lupa-lupa ingat..Karena dulu saya lama tinggal di Sumatera Utara dan punya banyak teman dari Palembang, Jambi, Riau, dll...Sepertinya pernah makan. Tapi bayangin enak ini pasti, secara saya suka cemilan manis begini. Mesti coba bikin deh nanti

    ReplyDelete
  13. Penasaran dengan rasa kue muso ini, apa seperti lumpur surga ya, lembut isiannya, saya suka dengan makanan tradisional seperti ini

    ReplyDelete
  14. Aku jadi googling penampakannya yang jelas
    Kayaknya enak banget karena ada ketan dan santan
    Hmm jadi penasaran banget

    ReplyDelete
  15. Mirip2 apem gitu klo di Jawa ini, hanya saja klo apem tidak menggunakan adonan coklat. Wiiyy jadi mupeng nih pengin icip kue Muso-nya. Pernah ke Jambi dulu, tapi ga ada yang ngasih tau soal Kue Muso ini.

    ReplyDelete
  16. wah baru tahu nih diriku kue muso ini bisa dicoba nih kapan-kapan dan kayaknya bisa buat dijual juga yaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts