JANGAN SAMPAI RAMADANMU BERLALU DENGAN 'BIASA SAJA', BERIKUT TIPS BERPUASA DI BULAN RAMADAN

#BPNRamadan2024 #BPNRamadanDay2 

Sadar nggak kalau waktu berjalan begitu cepat? Perasaan baru aja tahun lalu menjalani puasa Ramadan, eh sekarang sudah Ramadan lagi. Seiring berjalannya waktu, rasanya sayang banget kalau Ramadan kali ini dilalui dengan "biasa-biasa saja". Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, khususnya untuk memperkuat keimanan dan menambah pahala di bulan mulia ini.

Untuk mewujudkan Ramadan anti "biasa-biasa saja", aku ingin berbagi beberapa tips yang bisa kita terapkan bersama. Yuk, disimak...


Niatkan Untuk Beribadah

Ramadan bukan saja soal berpuasa, menahan haus dan lapar, menahan hawa nafsu dan perbuatan, tetapi Ramadan lebih kepada bagaimana kita benar-benar berserah diri kepada Allah swt. dengan banyak beribadah dan menyempatkan waktu yang dimiliki untuk menjalankan ibadah-ibadah sunnah lainnya. Semakin berkurangnya usia, tingkat kedewasaan semakin baik dan kita bisa berpikir tentang kekurangan ibadah Ramadan yang sudah dilalui tahun lalu. Mumpung masih di awal Ramadan, yuk kita niatkan Ramadan tahun ini untuk beribadah dengan lebih baik lagi. Sempatkan waktu untuk melakukan hal-hal baik serta ibadah-ibadah sunnah. Jangan sampai puasa Ramadan tahun ini dilalui tanpa ada peningkatan dari sebelumnya.

Perbanyak Ibadah Sunnah

Berpuasa di bulan Ramadan selain mengajarkan kita untuk menahan sesuatu dan bersabar, juga mengajak kita untuk memperbanyak ibadah sunnah. Selalu sempatkan melakukan ibadah ini. Waktu 24 jam tidak akan sia-sia jika kita mau menyempatkannya. Satu bulan dari 12 bulan yang tersedia, masa masih mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini? 

Kurangi Kegiatan yang Tidak Perlu

Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti aktivitas harian jadi berhenti. Mungkin hanya durasinya saja yang jadi lebih pendek karena terbatasnya energi dalam tubuh. Mumpung Ramadan, mari kurangi kegiatan yang tidak perlu. Hindari aktivitas-aktivitas yang bisa membuat kita "tanpa sadar" berbuat dosa. Misalnya, berkumpul dengan teman tanpa ada hal penting yang perlu dibahas, ujung-ujungnya nanti malah berghibah.

Masak Menu Sehat di Rumah

Bila tahun lalu kita selalu membeli takjil atau lauk pauk yang sudah jadi di rumah makan atau di bazar Ramadan, tahun ini kita bisa mulai membatasinya dengan memasak menu sehat di rumah. Selain bisa berhemat, memasak menu sendiri dapat membantu kita mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh. Kita bisa mengecek apakah kebutuhan karbohidrat, protein, lemak baik, hingga gula bisa terpenuhi dengan baik tanpa berlebihan. Dengan begitu, tubuh bisa lebih mudah beradaptasi dengan kondisi kurang lebih 13 jam berpuasa.

Jaga Kesehatan

Di awal-awal puasa biasanya tubuh masih belajar beradaptasi, tak sedikit pula yang merasa lemas berlebihan, dehidrasi, hingga sakit kepala. Kita bisa mengantisipasi hal buruk tersebut dengan menjaga kesehatan. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh bisa dibaca di sini 

Buat Daftar Kegiatan yang Akan dilakukan 

Terbatasnya energi tubuh untuk beraktivitas seperti biasa tentu dapat mengganggu rencana-rencana kegiatan yang sudah dibuat. Bisa jadi saking lemasnya tubuh, kita jadi hanya tidur seharian, atau malah sibuk menyelesaikan kegiatan dari pagi hingga petang tanpa menyempatkan diri beribadah. Untuk itu, buatlah daftar kegiatan harian yang sekiranya mampu dilakukan pada hari yang sama. Jangan sampai padatnya aktivitas membuat kita lupa waktu dan melalaikan kesempatan beribadah lebih di bulan mulia ini. 

Harus Lebih Baik dari Ramadan Sebelumnya

Waktu tidak akan bisa terulang, mampu menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini dengan baik, belum tentu tahun depan masih ada umur yang tersisa. Oleh karena itu, tanamkan dalam hati, rencanakan dalam pikiran, dan lakukan dengan perbuatan bahwa puasa Ramadan tahun ini harus lebih baik dari puasa Ramadan sebelumnya. 


Itulah beberapa tips berpuasa di bulan Ramadan yang mudah-mudahan bisa aku, kalian, dan kita semua lakukan. Jangan sampai kita melewati bulan Ramadan ini dengan biasa-biasa sajađź’“

Comments

Popular Posts