BUAT MENU SAHUR PRAKTIS ALA 'CHEFGRAM' KHAIRUL AMING INI, YUK!

#BPNRamadan2024 #BPNRamadanDay3

"Heeeyyy, what's up guysss?" 

Jargon di atas adalah ciri khas dari seorang Chefgram, Chef Instagram bernama Khairul Aming. Dia adalah seorang chef yang terkenal di Instagram juga Tiktok asal negeri jiran, Malaysia tepatnya di Kelantan. Sudah beberapa tahun belakangan ini Ramadanku ditemani oleh unggahan-unggahan beliau. 

Kenapa?

Karena setiap Ramadan, beliau selalu menyuguhkan 30 Hari 30 Resipi Ramadan atau dalam bahasa Indonesia 30 Hari 30 Resep Ramadan. Menu yang disajikan sangat bervariasi, baik makanan maupun minuman. Ada yang praktis, ada pula yang agak "ribet" karena memerlukan banyak bahan atau proses memasak yang memakan waktu cukup lama. 

Semakin memasuki pertengahan Ramadan, biasanya nih kita yang awalnya selalu well prepare dengan menu-menu andalan sahur agar kuat berpuasa seharian, jadi mulai agak malas nih. Awalnya bangun super dini hari, makin ke tengah Ramadan bangunnya semakin lambat karena sudah mulai malas masak yang "merepotkan", atau malah cuma memanaskan makanan yang dimasak/beli waktu sebelum buka. Nah, untuk mengantisipasi rasa malas ini, aku ingin berbagi 3 resep menu sahur praktis yang aku dapatkan dari unggahan Khairul Aming. 


Menu pertama ialah minuman berbahan dasar kurma. Menu ini dibagikan oleh Khairul Aming saat pandemi 2020 lalu. Nama menunya Kurma Shake.  Kurma Shake dibuat dengan campuran oats, susu segar, kurma, dan air. Bagi yang tidak terbiasa minum oats, bisa tambahan pelengkap seperti pisang atau cokelat. Cara membuatnya mudah banget, yaitu:

  • Bersihkan 3 buah kurma dari bijinya, cuci bersih kemudian rendam ke dalam air di mangkuk kecil
  • Tuang oats ke dalam mangkuk kecil, kemudian rendam juga ke dalam air. 
  • Masukkan 2 mangkuk tersebut ke dalam kulkas sebelum tidur. Saat bangun sahur, keluarkan kembali mangkuk-mangkuknya.
  • Blender rendaman oats dan kurma tadi sampai halus. Setelah halus, tuangkan kurma shake ke dalam gelas.
  • Tambahkan buah pelengkap jika suka. Kurma Shake siap dinikmati. 
Sumber: www.instagram.com/khairulaming


Menurut Khairul Aming, segelas kurma shake ini nggak cukup untuk menahan lapar puasa sampai menjelang berbuka, tetapi cukup untuk menahan lapar beberapa waktu. Apalagi bagi yang suka dan terbiasa mengkonsumsi oats, kurma shake pasti jadi menu favorit buat sahur. 

Kemudian, ada dua menu berbahan dasar telur yang praktis tapi menggiurkan selera, yaitu Telur Bistik dan Telur Mata Goreng Cili Padi atau bahasa Indonesianya Telur Mata Sapi Balado. Untuk menu Telur Bistik, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan, tetapi tenang, bahan-bahan ini pasti selalu ada di kulkas kalian: 
  • Beberapa butir telur ayam sesuai selera. 
  • Iris 1/2 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, dan cabai merah.
  • Siapkan 100gr ayam, potong dadu atau cincang sesuai selera
  • Siapkan 2 sendok saos sambal, 2 sendok saos tomat, 1 sendok saos tiram, garam secukupnya, dan 1/2 mangkuk air
  • Jika suka, siapkan pula sayur campur, bisa pakai sayur campur kemasan jadi atau iris beberapa wortel dalam bentuk dadu dan siapkan kacang polong. Rebus atau kukus dahulu wortel dan kacang polongnya, ya!
  • Setelah seluruh bahan siap, tumis irisan bawang-bawang dan cabai merah. 
  • Tambahkan air, saos sambal, saos tomat, saos tiram, dan ayam cincang. Tambahkan sedikit garam, tumis hingga matang
  • Tambahkan lagi sayur campur, aduk rata
  • Buat telur dadar, setelah matang tuangkan tumisan sayur dan ayam yang sudah dibuat tadi. 
  • Telur Bistik siap untuk disantap dengan nasi putih hangat
Sumber: www.instagram.com/khairulaming

Kemudian untuk menu telur selanjutnya, Telur Mata Goreng Cili Padi, bahan-bahan yang perlu disiapkan jauh lebih simpel daripada Telur Bistik tadi, yaitu:
  • Siapkan 2 telur ceplok
  • Tumis irisan 1 butir bawang merah berukuran besar, 5 butir bawang putih, 5 cabai merah, dan 5 cabai hijau
  • Tambahkan 1 batang sereh, 1 sendok saus tiram, 1/2 sendok kecap manis, 1 sendok saos ikan (optional) ke dalam tumisan
  • Koreksi rasa dengan menambahkan garam, gula, dan penyedap secukupnya
  • Setelah matang, siram saos tumisan tersebut ke atas telor ceplok yang sudah disiapkan. 
  • Santap dengan nasi panas saat sahur, tentu sedap rasanya.
Sumber: www.instagram.com/khairulaming

Itulah 3 menu sahur praktis ala Khairul Amin yang menurutku bisa kita coba buat sahur dengan waktu yang singkat. Gimana menurutmu? Praktis bangetkan menu sahurnya?
Di antara 3 menu ini, mana nih yang ingin kamu coba? 😃






Referensi menu:
Instagram Khairul Aming



Comments

  1. Kedua menunya aku emang sering buat mbak. Mudah2an dan cepet apalagi jika bahan dari malem udh diiris lebih gampang lg tinggal kocok telur aja. Cuma kurma shake yg blum pernah aku bikin hehe.

    ReplyDelete
  2. Hmmm.. yummy! Bikinnya simpel-simpel ya. Kalau disuruh milih, saya pengin nyobain yang Telur Mata Goreng Cili Padi. Thanks for sharing, kakak...

    ReplyDelete
  3. Kebetulan telur juga kesukaan anak dan keluarga. Jadi bisa ngikutin cara masaknya nih ya. Saya save dulu cara caranya. Semoga sahur nanti bisa coba eksekusi

    ReplyDelete
  4. Memang menu telur itu paling praktis dan cocok untuk sahur. saya sendiri selama puasa ini hampir tiap sahur lauknya telur kalau tidak gitu ya biasanya ayam

    ReplyDelete
  5. Ah, sahur itu emang cocoknya masak yang praktis ya mbak
    Aku pengen recook resep telurnya

    ReplyDelete
  6. mauuuuu banget recook
    resepnya gampil, bahan2 juga mudah ditemukan..asyiiikkk 😍💪

    ReplyDelete
  7. Kalau yang per-telur-an ini bisa dicontoh, lumayaann... enggak sahur ceplok biasa lagi hehehee.. Tapi klo yang susu kurma kayaknya belum bisa, selain ga suka susu, keluarga kami tidak terbiasa makan oats.

    ReplyDelete
  8. Waaah masyaAllah kayaknya enak inii. aku kapan hari juga pernah lihat resep telor dibumbuin jugaa rasanya kayak enak tapii blm nyobain juga praktik di dapur wkakaa, mau nyoba ah abisni

    ReplyDelete
  9. Jadi inget masa-masa menyusui, dulu disarankan minum sukur alias susu kurma. Jadi stock dan dimasukkan di freezer. Ini nikmat banget untuk sahur dan mengenyangkan.

    ReplyDelete
  10. Resep² ini pas mudah banget dan layak di recook Mbak, saya mau coba juga nih.

    ReplyDelete
  11. Wow lezat semua menu sahur praktisnya. Ga hanya lezat tapi juga bergizi alias menyehatkan. Jadi sahur ga lemas, puasa happy

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts