Olahraga Saat Puasa ? Katanya Bisa Loh #BPN30DayRAMADANBLOGCHALLENGE2021

Waw, udah hari ke-22 ramadan, tapi aku terakhir kali olahraga pas awal puasa karena lagi haid, yang artinya setelah itu aku belum olahraga lagi selama puasa ini. Jadi gimana aku mau berbagi tentang tips olahraga saat puasa ya ? Hmm....

FYI, aku rutin olahraga sudah setahun. Olahraga yang aku lakukan itu kardio intensitas sedang-tinggi, tapi lebih sering intensitas sedangnya dari pada tingginya hahaha. Tentu saja kalau kardio ini aku butuh asupan energi terlebih dahulu sebelum mulai olahraganya. Biasanya aku konsumsi cemilan sehat dari granola, minum teh kemasan, atau makan roti gandum 2 jam sebelum olahraga. Fungsinya biar nggak kliyengan selama olahraga. Durasinya minimal 30 menit maksimal 45 menit, minimal 3 kali seminggu. Nah, selama puasa ini aku belum mememukan pola yang bagus supaya bisa kardio lagi. Namun, dari hasil riset yang aku lakukan melalui sharing session dari para ahli serta olahragawan, sebenarnya olahraga saat puasa tetap bisa dilakukan. Hanya saja intensitasnya ringan dan durasinya disingkat dari biasanya.

Untuk pemula seperti aku, olahraga kardio saat puasa bisa dilakukan menjelang waktu berbuka agar tidak terlalu lama menahan dehidrasi akibat berkeringat dan kekurangan cairan. Kalau mau lebih aman bisa dengan jalan santai keliling kompleks sekalian ngabuburit selama 30 menit. Ini cukup membantu memenuhi kebutuhan olahraga sih sepertinya. Cuma ya itu, aku pribadi belum pernah coba olahraga saat puasa hahaha jadi aku menyampaikan apa yang sekiranya masuk di logika aku yang awam ini tentang olahraga. 

Biasanya bagi yang rutin ngegym, mereka tetap olahraga tapi di malam hari setelah berbuka puasa. Buka puasanya pun mereka membatasi dengan hanya minum dan makan makanan yang manis sebagai sumber energi sebelum olahraga. Setelah olahraga baru deh makan berat. Hanya saja untuk pemula aku rasa pola seperti ini kurang cocok, karena nanti akan berpengaruh ke jam tidur. Sesuai penjelasan dari salah satu fitnes modelyaitu kak Yulia Baltschun, kalau olahraga di malam hari selama ramadan boleh-boleh aja, cuma nanti akan berpengaruh ke jam tidurnya. Pola jam tidurnya bisa jadi mundur dari biasanya, bagi perempuan yang harus preparing sahoor tentu akan kurang nyaman sih baru tidur sebentar harus bangun lagi buat preparing. 

Jadi, olahraga saat puasa tetap bisa dilakukan. Namun, kita perlu paham kondisi tubuh kita seperti apa, apa bisa olahraga menjelang berbuka, atau mau olahraganya malam hari setelah berbuka. Paling penting sih selama puasa usahakan badan tetap banyak geraknya, jangan lebih banyak tidurnya wkwkwk. 




-BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge 2021-

#BPNRamadan2021

#Day22

Comments

Popular Posts