Malbi Andalanku Saat Ramadan Beserta Resepnya #BPN30DayRamadanBlogChallenge2021

Namanya puasa pasti segala makanan yang enak dan minuman yang menyegarkan ingin kita santap semuanya saat tiba waktu berbuka. Padahal saat waktu berbuka tiba, yang paling banyak kita konsumsi itu air. Selain untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sesuatu yang paling ingin segera kita tuntaskan adalah rasa haus. Apalagi kalau cuaca lagi panas pas puasa, aduuh cobaan puasanya dasyat sekali. 

Eiit, tapi itu ketika kita masih belajar puasa. Semakin dewasa serta semakin terbiasa kita berpuasa, kita jadi lebih bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Makanan ini pula yang jadi andalan saat ramadan. Biasanya yang agak susah itu makanan untuk sahur sih ya karena semangat makannya tidak semenggebu seperti berbuka puasa. Nah untuk aku pribadi udah mengalami perubahan nih. Dulu aku selalu ingin sahur pakai semur ayam. Kalau menu sahurnya bukan semur, semangat sahurku berkurang. Buka puasanya harus ada minuman manis dan pempek, kalau nggak ada duo combo ini nggak buka puasa namanya. Sekarang aku lebih santai sih, untuk berbuka ya tergantung permintaan orang tua mau dibikinin apa kalau aku masak, kalau beli makanan di luar ya tergantung aku inginnya apa. Untuk sahur lebih simpel lagi, aku bisa sahur pakai indomie + nasi doang, atau cuma ceplok telur atau juga bikin telur dadar. 

Jika ditanya makanan andalan saat ramadan apa, dari sekian banyak makanan yang ada, aku memilih malbi, bisa malbi daging sapi atau malbi ayam. Malbi ini yang bisa diterima lidah saat berbuka maupun sahur. Nah, tahun lalu aku belajar bikin malbi sendiri dan alhamdulillah berhasil. Di sini aku mau share resepnya : 

Bahan : 

1 kg daging sapi potong dadu / 1 kg ayam

Rempah-rempah (cengkeh, kayu manis, biji pala) jumlahnya sesuai selera

2 lembar daun salam

Bubuk cabai secukupnya

Kecap manis secukupnya

Air secukupnya

3 siung bawang merah iris

2 siung bawang putih iris

1 jumput kecil jahe iris

1 bungkus santan kara kecil 60 ml

Garam / royco

1 sdt lada bubuk, 2 sdm bawang putih halus, 1 sdm jahe halus, 1 sdt garam / royco untuk air ungkepan daging sapi / ayam.

Cara membuat : 

1. Ungkep daging sapi / ayam hingga lembut dan air ungkepannya berkurang 1/2.

2. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, daun salam hingga harum.

3. Tambahkan sisa air ungkepan tadi, lalu masukkan daging sapi / ayam. Aduk rata.

4. Tambahkan kecap manis dan bubuk cabai, aduk rata lalu diamkan hingga mendidih.

5. Koreksi rasa, jika kurang asin tambahkan garam / royco, jika terlalu pedas tambahkan kecap, dan jika terlalu manis tambahkan bubuk cabai.

6. Tambahkan santan kara, aduk rata dan diamkan hingga kuah malmi mengental dan berkurang.

7. Angkat dan sajikan.


Note : semakin lama warna malbi akan semakin gelap, jadi jika rasa sudah pas namun warnanya masih cokelat terang, tunggu hingga kuahnya berkurang. 


Gimana, tertarik untuk mencoba ? 


-BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge 2021-

#BPNRamadan2021

#Day24

Comments

Popular Posts