Lagi-Lagi Ramadan dan Lebaran di Tengah Pandemi #BPN30DAYBLOGCHALLENGE2021

Tahun lalu setelah menjalani ramadan dan lebaran di tengah pandemi dengan ketatnya aturan ini dan itu, aku yakin bahwa di tahun 2021 vaksin akan mulai berproses dan kami akan bisa menikmati momen ini bersama keluarga besar di Palembang. Keyakinan tersebut bukan tanpa alasan, 2020 adalah tahun pertama di mana kami tidak menikmati momen lebaran. Sepi, pintu rumah tertutup rapat, tidak ada kunjungan ke tetangga, dan acara TV yang itu-itu saja. Jadi kami sangat berharap di 2021 akan kembali seperti sedia kala meskipun dengan adaptasi kebiasaan baru. 

Namun, manusia hanya bisa berencana, Tuhan juga yang menentukan. 2021 ternyata kembali lagi tidak bisa mudik dan lagi-lagi menjalankan ibadah di bulan ramadan serta merayakan hari kemenangan di rumah. Tidak ingin mengulang kesedihan tahun lalu, kami memutuskan untuk lebih santai dan menikmati lebaran tahun ini yang insya Allah akan terlaksana lusa. Jika tahun lalu kami tidak melakukan persiapan apa-apa, tahun ini kami kembali mempersiapkan semuanya selayaknya lebaran di kampung halaman. Mulai dari pakaian yang akan dipakai lengkap dengan kerudung, makanan berat yang akan disajikan, kue-kue serta minuman yang akan kami berikan untuk para tamu. Ya, tahun ini kami memutuskan untuk menerima tamu kembali, tentu dengan protokol kesehatan. 

Bisa dibilang meskipun lagi-lagi pandemi, kami lebih santai menjalaninya. Santai bukan berarti kendor prokes ya, tapi lebih kepada sudah belajar dari setahun belakangan tentang pandemi ini. Takut boleh tapi jangan ketakutan, keluar rumah boleh asal prokesnya diperhatikan. Sekarang saatnya kembali beraktifitas dengan kebiasaan baru. 

Meskipun lagi-lagi ramadan dan lebaran di tengah pandemi, kita tetap bisa menikmati momen ini dengan bahagia. Mudah-mudahan ini tahun terakhir ramadan dan lebaran di tengah pandemi, mudah-mudahan 2022 sudah bisa mudik kembali . Aamiin. 

-BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge 2021-

#BPNRamadan2021

#Day29

Comments

Popular Posts