Kumpul Keluarga Menjelang Hari Raya #BPN30DayRamadanBlogChallenge2021

Aku terlahir dari keluarga super besar. Ibu dan Ayahku punya banyak saudara, alhasil aku jadi punya banyak sepupu. Saat nenek masih ada, beberapa hari sebelum lebaran kami berangsur-angsur mudik. Keluargaku di tanggal sekian, keluarga tanteku di tanggal sekian mudiknya, hingga saat H-2 hari raya kami semua sudah berkumpul di rumah nenek. 

Momen kumpul keluarga inilah yang menjadi kegiatan favoritku selama ramadan. Kami sama-sama meninggalkan seluruh daily activities kami di rumah masing-masing. Saat berkumpul bersama, kami tidak pernah membahas itu. Kami hanya ingin bersenang-senang, melepas rindu, dan melakukan tradisi yang sangat melekatkan antara satu dan lainnya. Di momen kumpul keluarga ini kami juga selalu sempatkan untuk berfoto bersama. Baik itu di rumah, di mall, di mesjid sebelum shalat tarawih dan ied, bahkan di makam kakek dan dulur lain yang kami kunjungi. 

Tanteku selalu bilang bahwa selagi bisa kumpul-kumpul dan mengunjungi tempat-tempat seru, jangan lupa foto. Kita belum tau apa kita bisa kembali lagi ke tempat itu atau apa kita bisa kumpul-kumpul lagi seperti ini. 

Dan itu benar-benar terbukti ! Setelah nenek nggak ada, kami sempat seperti hilang arah saat kumpul keluarga. Ada bagian besar dari diri kami yang hilang. Benar juga kata orang-orang kalau selagi masih ada yang dituakan dalam sebuah keluarga, selalu sempatkan pulang. Nanti ketika udah nggak ada, akan berbeda rasanya. 

Namun, kami bersyukur karena selama kami berkumpul bersama, selama nenek masih ada, kami punya banyak stok foto kebersamaan kami. Meskipun sekarang ceritanya sudah berbeda, kumpul keluarga menjelang hari raya akan selalu menjadi kegiatan favoritku selama ramadanšŸ˜Š



-BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge 2021-

#BPNRamadan2021

#Day21

Comments