YUMMY APP, APLIKASI MASAK PENYELAMATKU

Ada aplikasi keren yang sudah aku pakai selama hampir 1 tahun. Namanya Yummy App . Aku pakai aplikasi ini untuk mencari inspirasi ide masakan apa yang bisa aku eksplor setiap hari. Yuk simak ceritaku๐Ÿ˜Š

Sumber : play.google.com

Menurutku siapapun bisa masak, asal ada niat dan terus latihan. Ya, memasak itu butuh latihan berkali-kali agar rasa masakan semakin mantap, memilih bahan semakin cermat, dan durasi masak semakin singkat. Apalagi bagi kita yang juga bekerja di luar rumah, tentu butuh manajemen waktu yang baik dalam memasak. 

Ngomong-ngomong bekerja, sebagian besar teman-temanku yang bekerja di luar rumah tidak bisa eksplor masakan baru karena keterbatasan waktu. Akhirnya weekend adalah penyelamat mereka untuk masak dengan menu yang berbeda dari biasanya. Yah intinya saat hari kerja sebisa mungkin masak yang praktis-praktis aja yang penting ada sesuatu untuk dimakan. Selain karena waktu yang terbatas, kadang bingung juga untuk menentukan menu masakan ketika buka kulkas terus lihat bahan makanan yang ada. 

"Kira-kira dengan bahan segini bisa dijadikan masakan apa ya ?"

Kendala seperti itu tentu pernah dialami semua orang. Ujung-ujungnya batal masak dan beli makanan di luar. Jika setiap hari seperti itu, lumayan bangkrut juga pengeluaran hihihi. Percaya deh, dari pada terus-terusan beli makanan cepat saji atau beli lauk dari rumah makan, lebih baik masak sendiri. Selain jauh lebih hemat, kebersihan dan gizinya bisa terpantau dengan baik. 

Sudah 1,5 tahun negara kita terkena pandemi yang berefek pada terbatasnya mobilitas. Beberapa pekerjaan harus dialihkan dari rumah untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Aku juga demikian, sudah 1,5 tahun lebih banyak berkegiatan di rumah. Berbagai kegiatan aku lakukan agar tetap waras, salah satunya memasak setiap hari. Apakah lancar-lancar saja ? Tentu saja tidak. Sama seperti hari-hari normal lainnya, aku juga sering bingung mau masak apa dengan bahan-bahan yang ada, apalagi kalau bahannya tinggal sedikit. 

Aku bukan tipe orang yang belanja bahan masakan setiap hari, tetapi satu minggu sekali. Jadi setiap minggu aku tentukan dulu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk satu minggu ke depan. Setelah bahannya ada, baru ditentukan lagi menu-menunya. Agak aneh ya? Biasanya orang menentukan menu dulu baru beli bahan, aku malah beli bahan dulu baru menunya ๐Ÿ˜†

Walaupun begitu aku tetap bisa masak dengan menu-menu yang berbeda setiap harinya berkat aplikasi Yummy App. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang membantu aku untuk memilih resep masakan yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan yang dimiliki. 

 
Sumber : techinasia.com

Aplikasi ini sangat fleksibel untuk diakses. Kamu bisa akses aplikasi ini dari PC, tablet, laptop, maupun handphone baik android atau iOS. 


 (a) Tampilan android    (b) Tampilan iOS
Sumber : Dokumentasi pribadi

Setelah download aplikasinya, tinggal daftar pakai email deh. Tampilan aplikasinya seperti ini. Waw, aku jadi Chef loh ๐Ÿ˜†
Sumber : dokumentasi pribadi

Tampilan utama aplikasi Yummy APP terlihat sangat menarik. Perpaduan warna antara background, foto-foto, serta tulisannya terlihat pas dan enak dilihat. Saat aplikasinya dibuka kita akan langsung disuguhkan dengan banyak pilihan fitur, seperti resep masakan apa yang sedang trending, Event & Promosi tentang dunia masakan, serta Akun official dari berbagai brand, artis, hingga chef-chef terkenal. Eit, tidak hanya itu saja, jika ditelusuri lagi akan muncul fitur Jelajah Kuliner Nusantara, Kreasi Makanan Ala Korea atau makanan yang lagi sering dicari, Resep Ide Jualan, hingga Rekomendasi resep yang bisa dicoba. 

Selain itu, Yummy APP punya fitur utama yang menjadi ciri khasnya. Fitur ini ada di bagian paling bawah aplikasi dan langsung terlihat saat aplikasi dibuka. Home, Tulis Resep, Masak, Notifikasi, dan Akun. Itulah fitur utama yang aku maksud. Sekilas fitur ini terlihat biasa saja, tapi setelah ditelusuri fitur-fitur ini keren loh. Dari ke-5 fitur ini, fitur Masak adalah fitur yang paling aku favoritkan. Kenapa ? 

Di awal aku sudah cerita kalau sistem belanja bahan masakanku itu seminggu sekali, dan aku beli bahan-bahan dulu baru tentuin menu masakannya apa. Fitur Masak di aplikasi ini sangat membantuku untuk menemukan ide-ide masakan setiap hari. Di fitur Masak ini kita bisa menemukan resep masakan yang sesuai dengan ketersediaan bahan yang ada di kulkas melalui filter memilih bahan .


Sumber : Dokumentasi pribadi

Tampilannya seperti foto di atas. Cara menggunakannya gimana ? Mudah kok. Berikut langkah-langkahnya : 
  1. Buka aplikasi Yummy APP 
  2. Pilih fitur "Masak"
  3. Ketik minimal 2 bahan yang dimiliki
  4. Setelah selesai, klik pilihan "Terapkan"
  5. Pilihan resep masakan yang sesuai dengan bahan tersebut akan muncul. 

Sumber : Dokumentasi pribadi


Sumber : Dokumentasi pribadi


Sumber : Dokumentasi pribadi

Gimana nggak tertolong coba pakai aplikasi ini. Selain membantu aku untuk menemukan ide-ide resep masakan di filter memilih bahan , aplikasi Yummy APP juga punya fitur untuk berbagi resep dengan para pengguna lain. Aku bisa tulis resep-resep andalanku, lengkap dengan bahan, langkah-langkah memasak, dan foto-foto masakannya agar dapat menjadi inspirasi bagi pengguna lain. Saya belum coba share resepnya sih, tapi next mau nyoba aah.


Sumber : www.yummy.co.id

Jadi buat ibu-ibu, bapak-bapak, teman-teman, pekerja kantoran, pekerja rumahan, hingga anak kosan yuk download dan pakai aplikasi Yummy App agar kita Bebas Masak Apa Aja Dengan Mudah setiap hari ๐Ÿ˜‰











Comments

Popular Posts