MENGENAL 50 CERITA MISTERI DARI PENJURU DUNIA

#BPNRamadan2023 

"Para penyihir jahat, penjahat yang menyeramkan dan makhluk-makhluk mengerikan berkumpul dalam buku yang menakutkan ini. Waktu tidur kini tidak akan pernah sama lagi" 

Sekilas, tampak seram ya blurb dari buku ini. Namun, 50 Cerita Misteri: Dongeng Klasik yang Mendebarkan, adalah buku cerita anak yang membahas tentang cerita-cerita misteri, mitologi dan legenda klasik dari seluruh dunia. Ditulis oleh 8 penulis hebat yang karya-karyanya abadi, buku ini memberi perspektif baru tentang cerita-cerita misteri tetapi sarat makna. Seperti halnya di Indonesia, berbagai negara pun memiliki mitos-mitos tersendiri. Mitos ini diceritakan kembali secara turun menurun kepada anak-anak supaya mereka dapat belajar sesuatu yang berharga. 


Dengan  hard cover dan full colour, buku 50 Cerita Misteri ini memiliki 5 tema, di mana masing-masing tema terdiri dari beberapa cerita klasik. Namun, buku ini bukan jenis buku yang bisa dilahap dalam sekali baca ya, karena tebalnya lumayan nih, ada 512 halaman. Waw! 

Mari, aku spill sedikit ceritanya: 

"Tak ada yang bisa dilakukan si ubur-ubur kecuali kembali kepada sang Raja Naga dan mengakui kegagalannya. Hal ini tentu saja membuat sang Raja Naga sangat marah. Dia lalu menjatuhkan hukuman yang sangat berat: semua tulang yang ada di tubuh si ubur-ubur harus dicabut, kemudian dia akan dipukuli dengan tongkat hingga cangkangnya hancur dan hanya menyisakan daging yang lembek. Setelahnya, dia harus pergi dari istana. Si ubur-ubur yang merasa sangat malu dan takut pun menangis memohon ampun. Tetapi, perintah sang Raja Naga harus dijalankan. Itulah mengapa, sejak saat itu, seluruh keturunan si ubur-ubur bertubuh lembek dan tak bertulang seperti yang bisa kalian lihat sekarang dan mengapung-apung tersapu ombak di seluruh pantai Jepang" 

Gimana? Cukup "mitos" bangetkan ceritanya, tentang asal muasal mengapa tubuh ubur-ubur tidak memiliki tulang  yang diadaptasi dari Japanese Fairy Tale karya Yei Theodora Ozaki. Padahal, ubur-ubur memang sudah diciptakan demikian oleh sang Pencipta. Hukuman yang diterima ubur-ubur itu sebagai ganjaran akan kegagalannya dalam menjalankan perintah Raja. 

Sesuai genrenya, buku ini diperuntukkan untuk anak-anak agar mereka mengenal dongeng-dongeng dari berbagai negara dan belajar banyak hal darinya. Cocoklah untuk menemani mereka sebelum tidur. Setelah selesai baca satu cerita, bisa diajak diskusi seputar cerita dan makna yang ada di dalamnya. Seru, kan? 


#BPNRamadan2023

#LiyaBahasBuku 



Judul buku: 50 Cerita Misteri: Dongeng Klasik yang Mendebarkan
Penulis: Hans Christian Andersen dkk
Alih Bahasa: Jarvi Kurnia Lestari
Genre: Fiksi-Cerita Anak
Jumlah halaman: 512 halaman
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer

Rating pribadi: 3,5/5

Comments

  1. Jadi keinget sama buku-buku yang dulu pernah kupinjam di perpustakaan, kebanyakan genrenya begini hehe dan sukaaa wkwkw. Ini jadi pengen kukenalin juga ke anak2 >.< makasih mba ulasannyaa, lumayan lah yaa ratenyaa

    ReplyDelete
  2. sepakat sama mbak jihan ini, keinget pas masih remaja (baca SD-SMP)suka buku buku jenis gini asyik menarik dan menggugah imaji hahaha

    ReplyDelete
  3. Wah rasanya sudah lama sekali tidak baca HC Andersen, dulu langganan baca ini. Ternyata masih diterbitin ya

    ReplyDelete
  4. Wah ada 50 cerita misteri, memang pas kalau jadi bacaan sebelum tidur, satu hari satu cerita, setelah selesai baca anak diajak diskusi seputar cerita dan makna yang ada di dalamnya. Seruu!

    ReplyDelete
  5. 50 cerita dalam satu buku dongeng ini menrik banget pasti ceritanya bagus dan bermaknan ya buat anak2

    ReplyDelete
  6. Wah buku yang seru ini ya mbak
    Kisah kisah yg mendebarkan pastinya

    ReplyDelete
  7. Bagus banget referensi nih .. apalagi buat nambah referensi bacaan anak-anak

    ReplyDelete
  8. whoaa ini bs banget nih

    jadi referensi utk berburu bacaan yg berkualitas­čĺ»­čść

    ReplyDelete
  9. Mbak Liya memang genre kesukaannya yang begini yaa misteri-misteri gitu

    ReplyDelete
  10. Agak serem juga ya dengar cerita asal ubur-ubur versi ini. Kebayang kalau diceritakan ke anak-anak, hehehe. Tapi jadi penasaran juga sih seperti apa cerita-cerita dongeng dari berbagai penjuru dunia ini. Pengarangnya ada Hans Christian Andersen lagi yang memang terkenal dengan dongeng-dongengnya.

    ReplyDelete
  11. Jadi ingat masa kecil, aku punya buku dongeng Hans Christian Andersen yang ukurannya segede bantal wkwkw, selain ceritanya ilustrasinya juga bagus banget, imajinasi masa kecilku di isi cerita dongeng ini wkwkw

    ReplyDelete
  12. Seru banget baca buku dongeng kayak gini, cocok untuk pengantar tidur anak-anak.

    ReplyDelete
  13. Aku juga dulu pernah punya buku dongeng jadul yang kalau bacanya suka berdebar-debar. Judulnya Jack dan pohon kacang. Apalagi ini ya ada 50 cerita bisa penasaran ceritanya seru banget.

    ReplyDelete
  14. Wah spertinya seru nih bukunya, tapi kalai serng baca buku misteri yang aneh" kadang iut tersigesti sih jd takut sndiri deh nantinya huft

    ReplyDelete
  15. Ya Allah..
    Kasian..
    Hihii..selalu gitu ya, kalau baca kisah unik dari berbagai negara. Dan ini akan membuka pintu imajinasi pembaca ke hal yang jauh lebih tak terbatas melalui rangkaian kata.

    ReplyDelete
  16. Kalau baca buku ini berasa muda kembali, hehehe. Sebab saya dulu suka banget baca buku Hans Christian Andersen. Genre misteri walau agak mendebarkan tapi asyik juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts