Belajar 99 Pesan Nabi selama Ramadan

#BPNRamadan2023

Entah hanya perasaanku saja atau gimana, makin ke sini waktu semakin cepat berlalu. Tinggal hitungan jari lagi Ramadan 2023 akan segera berakhir dan kita semua umat muslim akan menyambut hari kemenangan. Berbagai cara dilakukan agar Ramadan dapat dilalui dengan baik setiap tahunnya, salah satunya dengan membaca buku 99 Pesan Nabi. 


Sekilas, buku ini mirip dengan buku 90 Nasihat Nabi untuk Perempuan yang sebelumnya sudah aku reviu. Secara garis besar mungkin sama karena kedua buku tersebut membahas nasihat-nasihat yang diberikan Nabi tentang kebiasaan dalam Islam. Hanya saja, khusus buku 99 Pesan Nabi ini lebih umum dan diperuntukkan bagi siapa saja tanpa melihat gender. Dengan 99 cerita di dalamnya, buku setebal 427 halaman ini sebagian halamannya disajikan full colour (ada 32 halaman). Mau lihat sedikit cuplikan makna di ceritanya? Nih aku spill:


"Terjawablah sudah semua kejutan-kejutan selama ini... Gun, pemuda sederhana dan pemalu, yang lebih sering tertunduk ketika terlintas wanita-wanita yang membuat hati bersemu. Bisa membuka mata hati pak Bos, pria paruh baya yang semula tanpa malu mengumbar nafsu, menghabiskan malam-malamnya dengan perempuan-perempuan bergincu. Menjadi manusia baru, melalui secarik kertas berisikan kalimat, yang telah kami lupa, karena kami terlena nikmatnya dunia..."

Dari Abu Hurairah R.A ia berkata: "Rasulullah SAW Bersabda: Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir" (HR.MUSLIM)


Buku ini juga menyambet "Komik Terbaik" di Anugera Pembaca Indonesia 2012, loh! Menurutku wajar sih, karena perpaduan antara ilustrasi, dialog dalam komik serta pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada para pembaca tersaji dengan baik. Bahasa yang digunakan pun sederhana, walau seluruh ide ceritanya diambil dari Hadis Bukhari-Muslim. Dan, yang seru adalah, komik ini banyak komedinya!😄


#BPNRamadan2023
#LiyaBahasBuku

Judul buku: 99 Pesan Nabi
Penulis: vbi_djenggotten
Genre: Nonfiksi-Agama Islam
Jumlah halaman: 427 halaman
Penerbit: Zahira

Rating pribadi: 4/5


Comments

  1. Walaupun bukan berusia kanak-kanak lagi, saya juga masih suka membaca buku komik yang memuat illustrasi sekaligus tulisan. Nggak ngebosenin, apalagi melihat beragam gambarnya.

    ReplyDelete
  2. Wah bagus nih, kebetulan banget dari kemarin emang lagi nyari komik yg rekomended buat anak2 baca, mereka lagi seneng baca komik

    ReplyDelete
  3. buku yang menarik semoga bisa memberikan tauladan yang baik bagi anak-anak kita

    ReplyDelete
  4. Iyaa komik ini seger banget, cocok buat anak-anak bahkan dibaca sama orang dewasa aja tetap asyik kok.

    ReplyDelete
  5. Pengen banget ni punya buku ini. Kalau lihat di instagram konten-kontennya VBI djenggoten itu simpel tapi mengena

    ReplyDelete
  6. waw berbentuk komik ya?
    jadi penasaran isinya gimana
    kayaknya bakalan bagus dibaca anak2 maupun ortunya ya

    ReplyDelete
  7. Bisa memahami pesan nabi dengan lebih mudah di pahami ya mbak. Bisa menjadi bacaan pilihan keluarga.

    ReplyDelete
  8. Bukunya bagus dan bisa dibaca semua umur. Bahasa juga ringan dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  9. baguuuss bgt ini bukunya
    saya jg punya
    tapi entah d mana sekarang

    ReplyDelete
  10. Sekarang cara berdakwah juga harus kreatif ya. Ilustrasi yang unik dengan pesan yang sederhana membuat orang lebih terbuka menerima nasehat dari buku.

    ReplyDelete
  11. Masya Allah sepertinya bukunya bagus, boleh nih jadi wishlist buku bacaan bulan depan

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah.. Bentuknya penuh dengan ilustrasi menarik seperti komik ya Mbak. Berdakwah dengan cara menyenangkan sehingga bisa diterima orang banyak. Sepertinya bisa untuk anak remaja juga ya Mbak bukunya?

    ReplyDelete
  13. Banyak pelajaran yg bisa kita ambil dari buku ini ya. Gak heran kalau buku ini jadi Komik Terbaik di Anugera Pembaca Indonesia 2012
    Bagus memang bukunya

    ReplyDelete
  14. pernah dengar buku ini juga formatnya komik gitu kan yaa. bukunya bagus ini buat dibaca orang tua ataupun anak-anak

    ReplyDelete
  15. Penasaran pesan Nabi dikemas dalam bentuk komik, selain untuk all gender, kira kira buku ini rekomen untuk usia berapa ya kak?

    ReplyDelete
  16. Aku pernah baca buku ini, walaupun dalam bentuk komik, pesan yang di sampaikan jg bermanfaat,

    ReplyDelete
  17. MashaAllaa~
    Menjadi pesan terbaik untuk seluruh ummat muslim untuk tegak berdiri di atas perintahNya agar selamat dunia akhirat. In syaa Allaa~

    ReplyDelete
  18. Mba ini komik tapi buat orang dewasa kan ya? Atau bisa juga dibaca anak2? Kadang memang ada orang yang lebih mudah memahami dari bacaan bentuk komik

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts