Tidak Perlu Ribet, Berikut Tips Sederhana Untuk Merawat Kulit Wajah

   Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Ada yang normal, normal cenderung kering, normal cenderung berminyak, berminyak, acne prone, kering, bahkan sensitif. Jenis kulit wajah yang beragam sudah tentu memiliki perawatan yang beragam pula, tidak bisa disamakan antara satu dan lainnya. Harus diperhatikan sekiranya perawatan kulit wajah apa yang tepat. Jika salah, akan timbul masalah kulit baru seperti timbul bruntusan, komedo, jerawat, atau kulit menjadi merah, panas, dan terkelupas. 

   Saat ini sudah banyak klinik kecantikan serta produk-produk yang menyediakan rangkaian perawatan kulit wajah. Bahkan di minimarketpun juga tersedia counter khusus menjual produk-produk kecantikan. Namun, selain menggunakan rangkaian produk perawatan kulit wajah tersebut, kita juga bisa loh melakukan perawatan kulit secara sederhana. Berikut tips sederhana merawat kulit wajah :

 1. Membersihkan wajah dengan sabun.

    Membersihkan wajah ternyata ada caranya, tidak boleh terlalu sering dan tidak boleh terlalu lama ketika mengusapkan sabun pembersih wajah. Cukup usapkan sabun selama 10 detik lalu bilas hingga bersih. Sabun yang digunakan bisa bermacam-macam, salah satunya sabun Sebu yang dapat memberikan efek glowing secara alami. 

    Sabun sebu memiliki kandungan 5 bahan aktif seperti madu, spirulina, hidrolized collagen, glutathione, dan ekstrak lemon, serta mengandung 3 minyak alami seperti minyak zaitun, minyak sawit, dan minyak VCO. Bahan dan minyak tersebut tentu saja dapat memberikan manfaat bagi kulit. Manfaatnya antara lain  mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, mengencangkan dan melembabkan kulit, serta memudarkan bekas jerawat, flek, dan bekas luka.

 2. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor.

    Salah satu bagian tubuh yang kotor adalah tangan karena sebagian besar aktivitas dilakukan dengan tangan. Menyentuh wajah dengan tangan pun sering dilakukan tanpa kita sadari, padahal tangan yang kotor dapat menjadi sumber kuman yang mudah berpindah ke kulit wajah jika menyentuhnya tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Untuk itu hindari menyentuh wajah dengan tangan, karena tangan yang kotor dapat menyebabkan infeksi kulit seperti jerawat. 

 3. Rutin mengganti sprei serta sarung bantal minimal seminggu sekali.

    Mengganti sprei serta sarung bantal sering kali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, debu dan kotoran dapat menempel pada sprei serta sarung bantal. Jika hal ini dibiarkan, maka debu dan kotoran tersebut dapat berpindah ke kulit wajah tanpa kita sadari sehingga terjadilah penyumbatan pori-pori yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. 

 4. Selalu gunakan sunscreen.

    Tidak hanya untuk aktivitas di luar rumah, sunscreen juga harus digunakan ketika beraktivitas di dalam rumah, apalagi di masa pandemi seperti ini. Sinar UV dari matahari dapat menembus melalui celah dan jendela sehingga dapat menembus kulit. Gunakan sunscreen secara merata dan ulangi setiap 3 hingga 4 jam agar proteksi tetap maksimal. Jika sedang timbul jerawat di wajah, suncreen tetap digunakan tetapi dengan kandungan SPF tidak lebih dari 30 agar jerawat tidak bertambah parah. 

 5. Gunakan masker wajah 2 kali seminggu.

    Masker wajah mengandung banyak manfaat sesuai dengan kebutuhan serta jenis kulit. Selain dapat membersihkan kulit wajah secara menyeluruh, rutin menggunakan masker juga dapat melembabkan, memberi nutrisi, dan mencerahkan kulit wajah. Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit wajah  setidaknya 2 kali seminggu, agar mendapatkan manfaat yang maksimal. 

 6. Menjaga pola makan.

    Selain perawatan dari luar, kulit juga perlu perawatan dari dalam dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, batasi mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis serta berminyak, seperti makanan dan minuman dari olahan susu, dan gorengan.  Hal ini karena makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.  Perbanyaklah minum air putih agar kulit selalu terhidrasi.

     Jika ingin mendapatkan kulit yang sehat dan terawat, lakukan perawatan secara rutin dengan menerapkan beberapa tips di atas. Jadi, jangan malas untuk merawat kulit wajah, ya!

 

 

  

 

 

Sumber : 

https://sabunsebu.com/sabun-sebu-moist-glow/

https://www.instagram.com/p/CFObPejgQKN/

Comments

Popular Posts