Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga dan Perjalanan Ajaib

#BPNRamadan2023


"Tuhan tidak membuat sesuatu yang buruk. Kita mempunyai dua pilihan setiap pagi: memilih merasa nyaman tentang diri sendiri atau memilih merasa kacau. Jadi, masalah bukan sesuatu yang negatif dan harus dihilangkan dengan segera, melainkan merupakan tanda kehidupan" -Norman Vincent Peale-


Siapa di sini yang belum tahu dengan serial buku Chicken Soup for The Soul? Coba deh kapan-kapan main ke Gramedia, pergi ke bagian rak Psikologi, cari section khusus Chicken Soup for The Soul dan beli salah satu bukunya yang memikat hati. Setelah itu, trust me, buku ini benar-benar worth it to ta, padahal ini antologi loh, kumpulan cerita dari banyak orang yang berbaik hati berbagi pengalaman menyentuh yang pernah mereka alami. 

Aku pribadi pertama kali tahu ada jenis buku ini gara-gara waktu Oomku baru menikah, istrinya punya buku Chicken Soup yang judulnya "For Romantic Soul", kayanya sih jadi bacaan sebelum mereka nikah karena cerita dalam buku itu tentang hubungan percintaan yang kekal abadi #tsaaahh wkwkwk. Nah, dari situlah aku jadi tertarik buat beli, padahal waktu itu usiaku masih belasan tahun, belum 17 malah tapi udah tertarik dengan cinta-cintaan😁. Pas dicek di Gramedia, ternyata buku ini banyak judulnya. Jadi ya aku beli yang sesuai usiaku kala itu. Setelah baca sampai tuntas, aku jadi "bernafsu" buat ngumpulin semua judul. Nabung dulu saaayyyy huehehehehe. 

Sampai saat ini, aku sudah punya belasan buku Chicken Soup. Suatu ketika, aku nemuin buku Chicken Soup yang lain daripada yang lain. Kalau biasanya buku-buku ini full tulisan kaya buku pada umumnya, kali ini aku malah nemuin dua (dari tiga buku) buku Chicken Soup versi komik! Tertarik banget dong aku and guest what? 

Yaaa aku belilah dua-duanya😜 

Kemudiaaan, aku nemuin lagi nih satu buku Chicken Soup yang tebal banget, 473 halaman, full colour dan hardcover. Judulnya Chicken Soup for The Soul "Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga, dan Perjalanan Ajaib". Jadi, buku ini berisi kumpulan cerita dari tiga serial Chicken Soup yang versi komik tadi. Dan ya, tebakan kalian benar, aku beli bukunya walau 3/4 dari isinya aku udah punya. Hahahahaha. 


Gemoy banget nggak siih ilustrasinya huhuhu. Walau bukunya tebal, tapi karena ini versi komik jadi bacanya nggak bakal terasa lama. Selesai satu cerita, langsung ingin lanjut cerita yang lain. Seluruh cerita dalam buku ini mengajarkan tentang kehidupan dan kebaikan orang-orang sekitar. Sesuai judulnya, hadiah terindah, pelajaran berharga dan perjalanan ajaib. Tiga hal ini pasti dialami oleh siapa pun yang hidup di dunia, asalkan mau menyadarinya aja sih karena menurutku nggak semua manusia mampu mengambil hikmah dari hal-hal yang dialami termasuk kejadian buruk sekali pun. Jadi berbahagialah kita yang bisa memaknai hidup dan semua kejadian di dalamnya pakai hati. 


Bisa dibilang, aku belajar memaknai hidup dan tumbuh bersama Chicken Soup walaupun cerita-cerita di dalamnya berasa dari luar Indonesia. Namun, nggak masalah, toh semua yang ditulis adalah hal-hal baik dan aku yakin kita pun pernah mengalaminya. 

Banyak baca buku memang salah satu cara untuk mengubah pandangan kita akan sesuatu. Itulah sebabnya aku suka salah satu quotes yang bilang, 

"Jangan pernah merusak buku. Merusak buku itu artinya kau menghancurkan isi dunia"

Kalau teman-teman yang suka buku, buku apa nih yang mengubah hidup kalian? Sharing di kolom komentar yuk!😀


#BPNRamadan2023

#LiyaBahasBuku 


Judul buku: Chicken Soup for The Soul "Hadiah Terindah, Pelajaran Berharga dan Perjalanan Ajaib"
Ilustrator: Kim Donghwa
Genre: Nonfiksi-Kisah Inspiratif
Jumlah halaman: 473 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Rating pribadi: 5/5

Comments

  1. Saya sudah membaca buku ini sekitar tahun 2000-an, masih usia muda dulu. Isinya berbeda dengan mayoritas cerita miring sekarang yang lebih sering mengumbar kebencian,kemarahan, dan gibah. Buku ini menyebarkan kabar tentang kebaikan, harapan, semangat pantang menyerah, keyakinan, hingga keinginan yang terwujud.

    ReplyDelete
  2. seri Chicken soiup of the soul ini favorite banget, benar-benar mengena ke hati deh setelah membacanya jadi banyak inspirasi yang bisa dipetik dari buku tersebit

    ReplyDelete
  3. Uwuw, baru tahu kalau Chicken Soup ada yang formatnya komik juga. Jadi pengin cari bukunya buat nambah koleksi nih. <3

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka baca chicken soup boleh minjem dari perpustakaan.Ceritanya inspirable banget ya

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu kuliah di periode 1994-1999 buku ini best seller dan bikin aku sering nongkrong di gramedia duduk melantai dan baca, karena belum punya duit buat beli bukunya haha. Memang buku kalau bagus legend sepanjang masa tetap disukai pembacanya

    ReplyDelete
  6. Wah, salah satu buku yang penuh memori nih. Chicken soup ini dulu jadi salah satu buku bagus yang direkomendasikan banyak orang untuk refleksi diri. Ceritanya menyentuh hati dan penuh inspirasi. Gak lupa kadang air mata pun menetes baca kisah-kisahnya hehehe.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun jadi diingetin lagi dengan buku ini, Chicken Soup buku favorit aku waktu masih kuliah, rela nyisihin uang jajan buat beli buku ini soalnya suka banget dengan isinya dan kebetulan waktu itu best seller juga. Kayaknya harus bongkar gudang di rumah mama nih, jadi pingin baca buku ini lagi.

    ReplyDelete
  8. Chicken soup, suka banget seri buku ini dan serunya ada banyak versi, ada yang remaja, pasangan, macam-macam deh, dulu masih sering baca, jadi ingat cerita-cerita di chicken soup
    satu ciri khas yang ga pernah lupa dari chicken soup ini, ceritanya ringan dan membuat hangat seperti merasakan hangatnya sup ayam

    ReplyDelete
  9. Dulu pernah baca tapi iupa yang series apa. Suka sekali dengan buku2 semacam motivasi seperti ini

    ReplyDelete
  10. Suka sekali dengan review nya. Pingin juga ikut baca biar dapat mindset baru juga.

    ReplyDelete
  11. Sejak remaja aku penggila buku2 fiksi hehehee... malah jarang banget baca chicken soup for the soul gini. Boleh juga nih kapan2 dicoba mencermati beraneka jenis buku chicken soup. Punya sih beberapa, tapi bacanya pasti enggak kelar karena lebih suka yang fiksi. :))

    ReplyDelete
  12. Ilustrasinya unik. Aku jadi pengen punya nih.. wah aku udah terpesona sama kalimat pembuka diartikel ini lho. Yups kita yang menentukan hari kita. .. iya atau tidak.

    ReplyDelete
  13. Chicken Soup terus berkembang ya..
    Zamanku, fave banget..sampek nangis nangis pas baca. Karena setiap kisah memberikan banyak arti dan pembelajaran. Meski kadang juga aga terganggu sama terjemahannya, tapi paham banget, itu uda terjemahan yang paling bagus dan sesuai dengan maksud penulis.

    ReplyDelete
  14. Wah saya juga punya bukunya
    Ini buku keren banget, kalau biasa chicken soup dengan tulisan penuh tapi ada juga versi animasinya

    ReplyDelete
  15. Salah satu buku teman menawarkan lelah saat kuliah dulu. Nemu buku chicken soup waktu SMA itu pertama kali terus waktu kuliah suka nyari dilorong baca sastra

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts