"Grow Old Gracefully" Sebuah Buku Untuk Menyambut Hari Tua

"Ketika kita merasakan bahwa batin kita, terus menerus diasah, hari demi hari makin reflektif, makin kokoh, tanpa pernah sekali pun menyerah kepada semua peristiwa yang mengguncang, mendapat tumpuan baru saat kita kehilangan tumpuan lainnya, kita tidak lagi menghiraukan pertambahan usia" -Grow Old Gracefully, h.18, J.Maurus-

Tidak berlebihan rasanya, Greatest Self-Improvement Book Series tersemat di bagian paling atas cover buku Grow Old Gracefully karya J. Maurus ini. Tidak seperti kebanyakan buku pada umumnya, di mana judul buku kurang mewakili isi penting dari buku tersebut, buku ini benar-benar sesuai dengan judul yang diberikan. 

Sumber: Dokumentasi pribadi 

Apa yang terbesit di benak teman-teman semua ketika membaca judul buku yang aku tebalkan di atas?

Buku ini membahas tentang hari tua?

Buku ini membahas tentang lansia?

Atau, buku ini membahas bagaimana agar kita menjadi tua dengan tenang?

Semuanya benar! 

Buku Grow Old Gracefully berisi tentang pandangan baru bagaimana seharusnya kita menerima pertambahan, perubahan fisik serta mental di usia senja. Usia berkurang seiring berjalannya waktu itu pasti, tetapi menjadi benar-benar tua secara utuh itu pilihan. Kita bisa memilih mau menjadi sosok yang tua tidak berdaya, atau menjadi sosok yang tua tetapi berdaya. Tentu saja, semua itu harus terpatri sejak usia muda. 

Sumber: Dokumentasi pribadi 

Selain membuka cakrawala baru terhadap hari tua, buku ini juga memberikan banyak tips, mulai dari merencanakan masa pensiun hingga hidup sehat dengan olahraga dan nutrisi yang dibutuhkan pada usia senja berdasarkan riset yang telah dilakukan. Delapan sub topik yang tersaji diulik secara mendetail dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, meskipun ini buku terjemahan (pandai nih translatornya hehehe). Aku pribadi hampir melabeli seluruh halaman dengan sticky notes dan mewarnai kalimat-kalimat penting yang bisa dipraktikkan di kemudian hari. 

Sumber: Dokumentasi pribadi 

Sesuai dengan judulnya, aku yakin kalau kalian juga baca buku ini dan memahami poin-poin yang disampaikan, hari tua kita kelak tentu akan terasa lebih menyenangkan tanpa terasa menyeramkan seperti apa yang kita cemaskan.



#LiyaBahasBuku


Judul: Grow Old Graceuflly
Penulis: J. Maurus
Genre: Nonfiksi-Self Improvement
Jumlah Halaman: 146 halaman
Penerbit: Bright Publisher

Rating Pribadi: 5/5




Comments

  1. Berasa bgt memang... Kalo tanpa visi, menjalani hari tua tuh beraaaaaattt

    Badan rasanya sakit semua. Hihihi.

    ReplyDelete
  2. Grow old gracefully ini istilah lain dari aging gracefully, ya. Memang sebaiknya menjadi tua itu bukan hal yang perlu ditakuti tapi dipersiapkan. Supaya bisa menua dengan matang, bijaksana, sehat dan tetap sejahtera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Alfaa, supaya nggak mikirin hal-hal yang nggak perlu yak.

      Delete
  3. Menjadi tua adalah pasti karena usia akan terus bertambah, dan memang ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar bisa menjalani hari tua dengan ikhlas, tenang, dan nyaman serta tetap produktif. Bukan hal mudah, tapi hadirnya buku seperti ini bisa membantu kita tahu kisi-kisi agar bisa menjalani masa tua dengan bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba. Seenggaknya masa tua dipersiapkan sejak sekarang yaa.

      Delete
  4. Jadi pas bener judul dengan isi buku ya, Grow Old Gracefully...bukan menolak tua tapi pandangan bagaimana seharusnya kita menerima pertambahan, perubahan fisik serta mental di usia senja.

    ReplyDelete
  5. Menjalani masa tua memang perlu persiapan ya.Dan yang paling penting persiapan mental kita sendiri menjadi lebih bijaksana dengan perubahan yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah setuju Mba, nggak siap mental ini yang bahaya karena bisa ngaruh ke semuanya ya.

      Delete
  6. Banyak yang harus mulai dipersiapkan sepertinya ya, tak terasa tua itu datang sangat cepat ternyata. Dulu waktu kecil berasa pingin lekas besar, tapi ketika sudah besar ternyata tak terasa sudah tua ya.
    Buku ini bisa mengantar kita ke tua yang sesungguhnya dengan lebih mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan kadang kita yang udah nggak muda ini ingin kembali ke masa anak-anak di mana yang jadi pikiran hanya sebatas PR sekolah yang belum dikerjakan ya Kak :-D

      Delete
  7. kadang kalau ada istilah grow old gracefully ini kita mikirnya lebih ke kondisi fisik ya kayak menjadi tua tapi masih terlihat muda padahal ternyata ada lebih banyak hal lain yang membuat kita grow old gracefully kayak kondisi keuangan dan kematangan sikap. buku yang menarik nih mbak untuk dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Kak, banyak hal ternyata yang perlu jadi perhatian agar hari tua kita berjalan dengan menyenangkan ya.

      Delete
  8. Masyaa Allah, berasa pengen baca bukunya, soalnya menjadi tua itu sudah fitrah manusia, tinggal gimana menjalaninya dengan bijak

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah sepertinya aku harus baca buku ini. Sebab, menua itu pasti, menghadapi hari tua itu yang penuh pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun rasanya perlu jugaa baca buku ini, udah merasa tua soalnya tapi entah apakah udah gracefully apa blm hehehe

      Delete
  10. kemarin barusan ultah dan tiba-tiba terkaget kok udah umur segini?? 😱 apakah ini artinya menolak tua?? hehe.. sepertinya harus baca buku ini agar menerima hari-hari tua dengan utuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu berjalan cepat ya Mba ngga berasa, tau-tau usia udah segini hihiihi

      Delete
  11. Ya Allah pengingat diri banget yang sudah mulai berumur...Masya Allah makin ingin berbenah menyiapkan hari tua

    ReplyDelete
  12. Buku ini pasti menarik banget ya mba....keliatan dari sticky notenya wkwkwk. MasyaAllah kita emang tidak bisa menolak tua, tapi harus mempersiapkannya agar menjadi tua dengan utuh. Terimakasih mba harus jadi wishlist nih bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sticky notenya penuh ya Mba hahahaha. Memang banyak yang harus ditandai Mba karena relate bangeeett

      Delete
  13. Menarik. Banget. Sticky notenyabanyak ya mba.. Hehe.. Nggak nolak tua tapi menerima dan berusaha dewasa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba, baru ngerasa ramai setelah buku udah dibaca masa karena memang baguuuss :-D

      Delete
  14. Ya Allah~
    Butuh abnget buku mengenai impian dan masa depan ini. Karena kadang karena umur, kita dipaksa untuk menyadari dan menghentikan mimpi. Padahal semua bisa terwujud kalau jalan yang diikuti sudah on track.

    Haturnuhun ulasan bukunya.
    Aku pengen ikutan baca.. lari ke Gramedia Digital cuuss~

    ReplyDelete
  15. Menua itu pasti, dan bagaimana kita bersikap akan bertambahnya usia itu memang penting ya mba. Kayaknya bukunya beneran bagus, banyak banget read marknya, jadi pengin baca juga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts