3 TIPS BLOGGING YANG INGIN DICOBA

Aku mengenal dunia blogging sudah cukup lama, sekitar tahun 2012 aku sudah punya blog. Isi blogku kala itu lebih ke tutorial hijab ala-ala melilit leher yang pernah hits pada zamannya itu loh! Kalau kalian anak kuliahan di tahun segitu pasti paham deh hahaha. Seiring berjalannya waktu, aku bergonta-ganti alamat blog, meskipun sama-sama pakai domain gratis seperti sekarang, blogspot.com. Alasan aku gonta-ganti alamat blog ya karena aku nggak konsisten mau aku apakan blog itu, aku nggak punya tujuan yang bikin aku bertahan di blog, hanya mengikuti tren saja kala itu. 

Blog ini adalah blog ketigaku dan aku berniat untuk serius mengelolanya hingga nanti aku punya blog dengan domain berbayar (semoga bisa dalam tahun ini, aamiin). Nah, untuk mewujudkan keinginan tersebut, tentu aku harus memaksimalkan fungsi blogku. Tulisan-tulisan yang aku muat setidaknya harus punya value yang bisa diambil oleh para pembaca. Pastinya butuh langkah-langkah yang matang dong ya untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, aku ingin mencoba tiga tips blogging di bawah ini, yang aku kutip dari beberapa referensi. Apa aja sih tipsnya? Yuk disimak. 


Pertama, aku ingin belajar menulis artikel yang SEO friendly. Istilah SEO friendly atau ramah SEO ini sering banget aku baca dan dengar di mana-mana, tapi aku belum terlalu memahaminya. Menurut definisi yang beredar (asiiik), artikel SEO friendly adalah artikel yang dibuat sesuai teknik Search Engine Optimization (SEO). Secara sederhananya artikel yang kita tulis mudah dicari di mesin pencarian google. Tinggal ketik judul blognya, langsung muncul link artikel kita di google. Jadi ini menjadi tip blogging yang aku ingin coba banget sih. 

Kedua, aku ingin memilih niche blog yang ciamik. Maksudnya gimana tuh? Para blogger profesional menulis di blog mereka tentu tidak sembarangan. Ada topik-topik tertentu yang menjadi ciri khas blog mereka. Misalnya, blog yang membahas tentang travelling, review, lomba-lomba, lifestyle, pendidikan, parenting, dan sebagainya. Topik tertentu inilah yang disebut dengan niche blog. Niche blog ini dianggap penting karena dengan menentukan niche blog, aku akan lebih fokus untuk menulis tentang apa dan tulisan akan lebih terarah. 

Ketiga, aku ingin fokus pada kualitas tulisan, tidak hanya kuantitas. Konon katanya, bagi blogger pemula hal terpenting adalah frekuensi ngeblognya. Harus rajin dan rutin, minimal seminggu sekali nulis di blog karena semakin sering ngeblog maka trafik blognya akan tinggi dan lebih banyak audiens yang datang mengunjungi blog kita. Namun, menurutku frekuensi ngeblog nggak bisa berdiri sendiri sih, harus dibarengi dengan kualitas tulisan yang mumpuni. Jangan sampai rutin ngeblog seminggu sekali tapi tulisannya itu-itu saja atau nggak ada isi sama sekali. Menulis itu harus ada tujuan, dan untuk mencapai tujuan itu tentu harus dipersiapkan dengan matang. Mulai dari menentukan judul tulisan, melakukan riset, mereview tulisan, hingga menambahkan gambar. Jika semua itu setidaknya dilakukan, insyaAllah tulisan yang dibuat akan berkualitas. Bener, nggak?😉

Itulah tiga tips blogging yang ingin aku coba, nih. Perlahan-lahan tapi pasti, pasti bisa!. 


Referensi:

https://www.qubisa.com/article/cara-membuat-artikel-seo-friendly#:~:text=Artikel%20SEO%20friendly%20merupakan%20artikel,dengan%20kata%20kunci%20yang%20relevan. 

https://www.samuelpasaribu.com/2021/09/10-tips-menjadi-blogger-pemula.html

https://www.dewaweb.com/blog/tips-blogging-untuk-blogger-pemula/


#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day12

Comments

  1. eh ini samaan kaya aku mbaa.. awal bikin blog gara2 blog hijabers lilit itu jugaa.. hihi.
    semangat ya mba ngeblognyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaa seru ya Mba kalau diinget2 zaman hijabers lilit gitu :D. Terima kasih Mbaa, semangat juga ngeblognyaa ;)

      Delete
  2. Setuju banget kak, soal poin ketiga. Aku juga sekarang ngerasa biarlah postingan gak banyak banget, tapi secara tulisan, aku coba bikin semua dengan baik, gak asal-asalan secara isi konten, termasuk jumlah kata dan pemakaian gambar. SEO dan niche yang menjadi ciri khas, juga sedang aku tingkatkan. Salam ^_^

    ReplyDelete
  3. Sepakat dengan 3 tips blogging Mbak. Kuncinya memang harus konsisten alias istiqomah nulis dan update blog. Semangat menulis Mbak.

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah.. semangat mbak.. saya juga sedang mempertahankan konsistensi ngeblog 😍 yuukk bisa yuukk

    ReplyDelete
  5. Semangat, Mbak..semoga blog ketiganya ini lanjut terus dan sukses ya...Memang konsistensi penting sekali. Awali saja dengan konsisten ngeblog seminggu sekali lalu seminggu dua kali dan seterusnya..Lama-lama jadi terbiasa, pas vakum nulis jadi ada yang kurang rasanya:)

    ReplyDelete
  6. Semangat ngeblog Mbak.. :) Saya pun termasuk newbie di sini, jd masih harus banyak belajar. Termasuk menentukan niche yang kadang masih campur sari hehehe. Mudah2an kita sama-sama bisa konsisten di urusan satu ini ya Mbak..

    ReplyDelete
  7. Selamat menulis mba, semoga semangat selalu :) awal membangun blog, aku bikin timeline dulu, karena secara teknis, untuk tampilan blog juga harus dipersiapkan ya, ini aku belajar otodidak juga, setelah ini beres baru fokus ke konsistensi nulis, banyak info bertebaran di web komunitas blogger, semangat belajar mba

    ReplyDelete
  8. sama mbak, saya juga ingin coba 3 tips tersebut, saat ini masih baru serius ngeblog, masih berlatih semuanya, kata orang practise make perfect, bismillah bisa, yuk mbak gandengan, kita belajar bareng

    ReplyDelete
  9. Wah iya mbak, 3 tips blogging ini emang wajib dicoba buat para blogger ya mbak
    Agar ngeblognya makin berkualitas

    ReplyDelete
  10. Kalau sudah praktik, pasti bisa menghasilkan tulisan yang kece nih.

    ReplyDelete
  11. Setuju, 3 tips blogging ini wajib diketahui para blogger dan d praktikkan. tp yg penting konsisten dulu ngeblognya

    ReplyDelete
  12. Selamat yaa, kak..
    Langkah yang bagus untuk memulai produktifitas menulis.

    Ditunggu tulisannya dan kontennya di blog.

    ReplyDelete
  13. Wah makasih mba sharingnya, bermanfaat sekali ilmu bloggingnya. Bisa nih diterapkan.

    ReplyDelete
  14. Tips nomor tiga aku juga pengen, kualitas tulisan itu penting banget untuk ditingkatkan menurutku. Slogan content is the king menurutku masih relevan untuk zaman sekarang meski sudah didukung oleh per-SEO-an.

    ReplyDelete
  15. Bener banget ini, saya juga pingin banget bisa menerapkan ketiganya saya juga newbie mba di dunia blogging, semoga kita bisa tetap konsisten ya mba.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts