MELANGKAH BERSAMA "EDUCANDUM"

Beberapa waktu yang lalu, aku dihubungi oleh beberapa teman kuliahku saat S-2. Berawal dari menanyakan kabar, berujung dengan meluapkan keluh kesah akan aktualisasi diri, dalam hal ini pekerjaan. Aku yakin, bukan hanya kami yang menginginkan pekerjaan sesuai dengan latar keilmuan, siapapun  yang ingin bekerja pasti menginginkan hal yang sama, apalagi pekerjaan tersebut bisa "menghasilkan" sesuatu. Namun, keinginan kadang tidak sesuai dengan realitanya. Kondisi yang ada membuat kami harus berbelok dari apa yang kami inginkan. 

Dalam hal profesi, kami memiliki tujuan yang sama. Salah satunya menjadi seorang praktisi bidang Psikologi Pendidikan yang bisa mentransfer ilmu kami ke orang lain, dengan harapan apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi mereka. Kami paham bahwa keilmuan ini masih belum dikenal banyak orang. Hal ini terbukti dengan masih sering disalah artikan oleh mereka bahwa kami "bisa meramal", atau bisa jadi tempat keluh kesah tentang suatu hal yang sebetulnya bukan ranahnya. Jadi, kami berpikir untuk membuat side hustle melalui sebuah komunitas. 

Akhirnya, tercetuslah ide untuk membuat komunitas di mana kami ingin berbagi tentang apapun dalam hal pendidikan. Kami juga ingin berbagi tentang pemahaman dan pengalaman dari kacamata praktisi bidang Psikologi Pendidikan melalui event-event, seperti unggahan feed instagram, IG Live, dan webinar serta membuat produk terkait isu-isu pendidikan yang ada. Kami namai komunitas ini dengan nama Educandum. 


Filosofi dari nama komunitas ini diambil dari arti educandum itu sendiri. Kita sebagai manusia adalah makhluk yang dididik (animal educandum) dan makhluk yang mendidik (animal educandus). Hal ini berarti pendidikan adalah hal penting yang sudah jadi kebutuhan setiap manusia, serta selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan salah satu tujuan kami, yaitu ingin berbagi tentang apapun terkait pendidikan. 

Instagram menjadi wadah utama kami untuk mempromosikan komunitas ini, di mana seluruh kegiatannya akan diinfokan melalui akun instagram @educandum. Event pertama insyaAllah akan kami mulai pada weekend ini melalui IG Live. Topik yang akan dibahas adalah "Gaya Belajar yang Belum Dipahami Banyak Orang". Nanti info selengkapnya akan dibagikan di instagram educandum. Jadi, yuk follow dulu instagramnya 😎.

Kami baru memulai, baru merintis dari nol. Wadah komunitasnya pun baru dibuat dan belum diisi, masih riset dan on progress agar apa yang kami berikan tidak asal-asalan. Kami punya harapan besar di komunitas ini. Tanpa campur tangan-Nya dan dukungan dari teman-teman semua, kami mungkin akan sulit untuk melangkah. Semoga niat baik kami selalu diberi kelancaran dalam eksekusinya, dan kami diberikan kesabaran serta kekuatan penuh untuk menghadapi segala rintangannya. Aamiin. 

Comments

  1. Masyaa Allah kece banget Mba..

    Iya, masyarakat perlu edukasi seperti ini, agar bisa lebih tahu dan tidak salah kaprah lagi..
    Sukses buat komunitas Educandum nya.. 💪

    ReplyDelete
  2. Wah semoga berhasil dalam merintis educandum ya Mbak. Semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak kakak. Jangan lupa join di IG Livenya Sabtu besok yaa

      Delete
  3. Keren banget mbak, komunitas yang pasti sangat bermanfaat buat banyak orang. Otw intip IGnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Yuk kak ikut lihat IG Livenya Sabtu besok :D

      Delete
  4. Waduh keren nih, pengen liat lebih ah di ig

    ReplyDelete
  5. Mbakkkm aku tertarik. Aku juga lagi mau concern sama psikologi pendidikan.. boleh aku belahar lebih banyak?

    ReplyDelete
  6. sangat bagus, semangats mba, semoga diberikan kelancaran dn kesuksesan aamiin

    ReplyDelete
  7. Sukses terus ya mba buat komunitasnya, btw suamiku juga lulusan psikologi nih hihi. Kalau gaya belajar ini emang banyak orang yang gatau dan memaksa anaknya belajar pake gaya belajar yang bukan mereka banget. Sukses selalu ya buat ngasj edukas tentang ini, soalnya bakalan ngaruh ke masa depan mereka banget

    ReplyDelete
  8. Educandum, insha Allah komunitas ini akan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Tetap semangat ya mbak,sukses selalu bersama komunitasnya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts