MAU JADI BLOGGER? KEPOIN DULU NIH BUKU "NGEBLOG DARI NOL"

Siapa yang tidak kenal dengan blog, salah satu platform digital yang menjadi wadah bagi siapapun yang memiliki hobi menulis, termasuk aku. Tidak hanya untuk menyalurkan hobi, jika blog diisi dengan konten-konten yang berkualitas secara konsisten, kita bisa dapat penghasilan yang jumlahnya lumayan. Waw, menyenangkan, bukan? Lalu, apakah semua itu bisa didapatkan secara instan? Tentu saja tidak. Segala sesuatu tidak ada yang instan, harus dirintis dari awal dan itu butuh kesabaran yang ekstra. Setidaknya itulah yang aku rasakan selama memiliki blog.

Aku mempelajari blog secara otodidak, mulai dari memilih domain, mempelajari fitur-fitur di dalamnya, hingga cara menulisnya. Awalnya aku semangat 45 menggunakan blog untuk meyalurkan hobi menulisku, tetapi lama kelamaan aku bingung harus menulis apa. Apalagi jika blog yang aku miliki ini ingin dikunjungi banyak orang, tentu konten yang aku sajikan harus berkualitas dan tidak ketinggalan zaman. Ujung-ujungnya blogku terbengkalai, jarang aku perbarui, bahkan sempat ganti-ganti blog dengan alamat baru. 

Setelah aku telusuri, ternyata aku tidak cukup hanya bermodal belajar otodidak dalam mengolah blog. Aku harus belajar pada ahlinya, belajar pada mereka yang sudah senior dalam urusan perblog-an. Jadi, aku cari tahu komunitas-komunitas blog yang ada melalui instagram. Aku menemukan 2 komunitas yang sekiranya bisa aku ikuti, salah satunya Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Aku ikuti akun instagramnya, tetapi aku belum mengikuti kegiatannya. Aku masih ragu karena usiaku sudah cukup untuk panggilan "Ibu-Ibu" tetapi statusku belum "Ibu-Ibu". Alhasil, aku hanya menjadi followers instagramnya saja. 

Suatu hari akun instagram IIDN mempromosikan sebuah buku, judulnya Ngeblog Dari Nol. Baru baca judul bukunya saja aku langsung tertarik, apalagi ada bonus Blog Plannernya pula. Cocok banget untukku yang masih kaku dalam ngeblog. Tanpa pikir panjang, aku ikut PO bukunya, lalu aku masuk ke dalam grup WhatsAppnya. 


Ketika bukunya sampai di tanganku, aku benar-benar sesenang itu. Seolah-olah aku menemukan apa yang selama ini aku cari. Ibaratnya kalian sudah lama menginginkan sebuah buku, lalu buku yang kalian inginkan ada di tangan kalian, rasanya gimana? Menyenangkan, bukan? Itulah yang aku rasakan ketika buku Ngeblog Dari Nol ini sampai di tanganku. 

Ngeblog Dari Nol ditulis oleh 3 orang blogger handal yang sudah khatam di dunia perblog-an, Mba Widya, Mba Alfa, dan Mba Nunu. Mereka juga menjadi pengurus inti di komunitas IIDN, yang diketuai oleh Mba Widya. Tiap penulis memiliki porsinya masing-masing di buku ini. Jadi, aku sebagai pembaca tidak bingung dengan informasi yang diberikan. 


Secara keseluruhan buku ini menjelaskan tentang teknis penggunaan blog dengan benar. Isi bukunya lengkap, mulai dari pengenalan blog, praktik ngeblog, hingga contoh unggahan blog dari para penulis bukunya. Contoh unggahan blog tersebut bisa dijadikan acuan untuk para blogger pemula sepertiku. 

Sebagai pemula, tentu domain blog yang dicoba pertama kali adalah domain gratis. Realistis sajalah ya, kalau baru terjun ke dunia blog, apalagi baru belajar langsung gas domain berbayar, rasanya sayang banget kalau ternyata belum bisa konsisten menulis blog. Nah, di buku Ngeblog Dari Nol ada penjelasan detail nih tentang domain gratis yang bisa digunakan oleh blogger pemula, yaitu blogspot dan wordpress. Dalam buku ini dijelaskan secara detail tentang kedua domain gratis tersebut, kelebihan dan kekurangannya. Jadi, kita bisa tentukan domain mana yang lebih mudah untuk kita gunakan sebagai pemula. Tidak ketinggalan, penjelasan tentang fitur-fitur yang ada di domain tersebut juga turut dijelaskan secara detail. 

Berikut poin-poin yang dibahas dalam buku Ngeblog Dari Nol
  1. Why blogging?
  2. Step by step membuat blog
  3. Membangun konten blog untuk blogger pemula
  4. Tips ngeblog untuk pemula
  5. Berbagi cerita, jatuh bangun blogger pemula
  6. Blog berbayar atau gratisan?
  7. Memilih hosting andal
  8. Memilih niche blog
Delapan poin pembahasan yang lebih dari cukup untuk dikuasai oleh blogger pemula. Setiap topik dibahas secara runut dan prosedural. Setiap BAB di buku Ngeblog Dari Nol dilengkapi dengan tabel-tabel latihan. Kita bisa mengisi tabel tersebut sesuai instruksi, lalu mempraktikkan langsung di blog kita. 

Untuk mendukung teori yang ada di buku Ngeblog Dari Nol, selain mendapat bukunya kita juga mendapatkan blog plannernya. Blog planner ini bisa digunakan selama 1 tahun, loh! Kita bisa tuliskan rencana-rencana untuk konten blog kita. Tujuan blog planner ini apa? Supaya kita belajar konsisten ngeblognya. Banyak blogger yang berhenti di tengah jalan karena tidak konsisten dengan apa yang sudah dimulai. Jadi, tidak ada alasan untuk malas ngeblog. Teorinya sudah ada, contoh praktik blognya sudah ada, dikasih bonus planner khusus konten blog pula. 


Di lembar awal blog planner ini, ada halaman khusus di mana kita bisa menulis tentang goals yang mau kita capai selama 1 tahun ke depan dengan blog kita. Semacam janji pada diri sendiri gitu deh, kalau kita akan konsisten dalam hal A B C D dan seterusnya. Selain itu, blog planner juga memuat halaman khusus berisi tabel "Target Bulanan" dan "Rencana Blogpost" untuk konten blog kita. 




Baik buku Ngeblog Dari Nol maupun blog plannernya, keduanya sama-sama aplikatif. Kita tidak hanya disuguhkan dengan teori, tetapi juga tips untuk mempraktikkan teori tersebut secara langsung. Untuk teman-teman blogger pemula, atau teman-teman yang baru mau membuat blog dan menjadi blogger, aku sangat merekomendasikan buku ini. Jadi, kalau sudah punya bukunya, harus langsung dipraktikkan, ya! Teori dan praktik adalah satu kesatuan yang utuh, tidak bisa terpisahkan, termasuk dalam urusan ngeblog. Semoga setelah mempelajari dan mempraktikkan teori dari buku Ngeblog Dari Nol, kita bisa menjadi blogger yang andal, seperti para penulis bukunya 😎.



#LiyaBahasBuku

Judul: Ngeblog Dari Nol
Penulis: Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis
Genre: Nonfiksi-Tutorial

Rating pribadi: 4/5










Comments

  1. Masyaa Allah tulisannya bagus Mba.. blog planner nya bikin mupeng ya Mba.. semoga kita semua bisa konsisten nulis blognya.. 🙏

    ReplyDelete
  2. Mbak udah bikin planner blognya? Mau tanya gimana rasa senengnya kalau sudah punya plan dalam sebulan atau sbahkan setahun. Kayaknya kkalau aku girang banget itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru isi yang bulanan, Mba.
      Assliii senang banget, jadi terjadwal aja gitu mau ngeblog apa, ngga perlu mikir lama lagi.

      Delete
  3. Belum punya bukunya tap semoga saya tetap bisa nimba ilmu dari postingan mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Yuk miliki bukunya Mba, kepoin IG IIDN hihihi

      Delete
  4. bukunya memudahkan bloger pemula, memudahkan dipelajari dan dipraktekkan, berasa diingatkan terus apa yang harus dilakukan dengan adanya blog planner

    ReplyDelete
  5. Tetep ya problem utamanya itu konsistensi. Aku pun juga begitu huhu, semoga bisa konsisten bareng ya

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah aku udah beli bukunya, merasa emank buku ini banyak banget manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga segera "dilahap" abis isi bukunya dan bisa dipraktikkan dengan baik ya Mba

      Delete
  7. Bismillahirrahmanirrahim, yuk sama-sama mulai ngeblog. Walau tujuan saya saat ini untuk healing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, Kak. Apapun tujuannya, semoga selalu lancar. Aamiin.

      Delete
  8. sejujurnya aku sempat iri dengan hadirnya buku ini kenpa baru muncul skrag sih hahha akarena aku mengalami kebingungan setahun lalu dan merasa jawaban dr kebingunganku ada di buku ini hehhe.. namun memang semua penuh hikmah sih buku ini adalah yang mendorongku berani bikin blog dr platform wordpress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku ini jadi penolong banget buat blogger pemula kaya kita ya Mba. Makasih banget sama tim IIDN

      Delete
  9. Jadi makin mupeng buat beli bukunya deh
    Harus mulai dialokasikan buat nabung dan simpan uang beli buku ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ah kak. Bismillah bisa segera punya bukunya ya kk.

      Delete
  10. hallo kak, cara pesan bukunya itu gimana caranya? terima kasih.

    ReplyDelete
  11. bukunya memang bagus ini mba, saya juga beli dan baca untuk panduan dan bikin semangat nulis. cocok banget memang buat yang mau belajar nulis dan bgeblog dari awal banget. lengkap dan detil . cuzz pada beli bukunya ke IIDN masih bisa loh

    ReplyDelete
  12. Terimakasih review bukunya mba. Aku juga ngincer buku ini tapi masih maju mundur mau order.

    ReplyDelete
  13. waaa kayaknya saya butuh banget deh untuk baca ini terutama saya yg masih benar2 pemula. terima kasih atas informasinyaa mba

    ReplyDelete
  14. Terima kasih review bukunya mbak, penasaran sama isinya juga. Kalau boleh tau komunitas IIDN ada wadah untuk belajar blogging yang PRO gak sih kak? Kalau otodidak urusan per-html-an saya gak sanggup rasanya hihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts